SUMUT

NASIONAL

Gedung PTPN III Sei Karang Terlantar dan Ditumbuhi Semak

Jumat, 17 Juli 2020 | 16.24 WIB
Kali Dibaca |

Gerbang masuk lokasi kantor dan perumahan PTPN3 Sei Karang  saat ini.
Galang, metrokampung.com
Sejumlah bangunan dan gedung milik PTP Nusantara III di Sei Karang, Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang terlantar dan diselimuti semak belukar.

Beberapa bangunan yang pernah menjadi icon dan lambang kejayaan perusahaan perkebunan eks PTP V itu, sejak dilakukan holding kosong dan tidak digunakan. Seperti bangunan kantor bekas pembiayaan, kantor pelelangan, kantor bagian umum eks PTP V dan kantor PRC yang sempat digunakan unit usaha koperasi Nusa Tiga Mart. Kini, kondisinya sangat memprihatinkan.

Kondisi bangunan yang tak terawat lagi.
Menurut keterangan karyawan yang dihimpun, Jumat (17/7/2020) mengatakan bangunan dan gedung yang terlantar dan tidak dirawat itu dulunya merupakan kantor Direksi PTP V. 

"Selain megah, juga memiliki arsitektur sejarah," jelas karyawan itu.

Tetapi, sambungnya, sekitar Tahun 1996 setelah penggabungan dengan beberapa PTP kantor direksi pindah ke Medan. Sedangkan Sei Karang hanya dijadikan kantor sekelas Distrik Manager.

"Meski demikian para pimpinan perusahaan seperti direktur utama dan direktur bidang masih mau mengunjungi, merawat dan memelihara kantor Sei Karang dan unit-unit kebun di bawah naungan PTP Nusantara 3,"tambah karyawan lain dan minta namanya dirahasiakan.

Sambungnya, sewaktu Dirut zaman Megananda, meski berkantor di Jalan Sei Batanghari Medan ia masih mau turun ke Sei Karang bahkan sampai Labuhan Batu. Begitu juga dirut masa Akmaluddin Hasibuan buat jadwal sebulan sekali ia wajib turun untuk melihat langsung kondisi kebun dengan mata kepalanya sendiri. Walaupun saat itu kantor direksi Medan sudah didukung technologi satelit.

"Tapi beliau tetap gak mau menerima laporan dari menejer saja, "tutur karyawan tersebut.

Kabarnya, sejak Dirut PTP Nusantara III dijabat Mohammad Abdul Gani yang dihunjuk Meneg BUMN Erick Tohir berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 48/MBU/02/2020 tentang pemberhentian, perubahan nomenklatur dan pengangkatan jajaran direksi Pebruari lalu, sepanjang sepengetahuan karyawan PTP Nusantara III belum pernah sekali pun Dirut menginjakkan kakinya ke Sei Karang atau unit-unit kebun yang pernah dilakukan para direksi sebelumnya.

Staf Humas PTP Nusantara III di Medan, Ali Hasibuan ketika dikonfirmasi  melalui hape soal bagunan dan gedung yang terlantar itu enggan menjawabnya. Namun Ali menyarankan agar ditanya saja ke Kabid Bagian Umum Sei Karang. 

“Kontek aja Kabid Umumnya disana (Sei Karang) bang. Kalau disini (kantor Medan) gak sampai kesana jangkauannya bang,” ujar  Ali.

Sementara Kabid Bagian Umum Distrik Menejer Deliserdang 2 Sei Karang, Edi Lesmana tidak berhasil ditemui dan dikonfirmasi. Menurut petugas Satpam yang berjaga, Edi Lesmana sedang keluar kantor.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru