SUMUT

NASIONAL

Nikahi Perempuan Semarganya, Aminuddin Hasibuan Sempat Viral Disosial Media Facebook

Rabu, 29 Juli 2020 | 12.14 WIB
Kali Dibaca |


Kualuh Leidong, Metrokampung.com
Postingan yang dikirim akun Facebook bernama Suryani sempat viral dan membuat heboh sosial media Facebook, dikarenakan Postingan akun Facebook Suryani tersebut mengatakan dalam gambar Aminuddin Hasibuan dan Iyul Hasibuan bertuliskan "Pernikahan satu marga membuat kami bangga dan bahagia, meskipun kami tak beradat dan tak beretika".

Selain itu postingan akun facebook Suriyani juga mengatakan "Nikah 1 marga, emang tak tau adat la apak Amin Udin Hasibuan dan ibu Iyul Hasibuan, dalle la kamu yo pak buk kuraso, oii pak Amin Udin yang kau.....tiap malam itu ito (adek) kau tak beradat kau.itulah postingan yang diunggah oleh akun facebook  bernama Suriyani.

Lalu Irma Yani Pane mengomentari postingan Suriyani dengan mengatakan "Marga bolian" kemudian akun facebook bernama Bamusri mengatakan "Lantak lah".

Selang tak berapa lama postingan itu sontak membuat para nitizen mengomentari kolom halaman akan facebook yang diposting Suriyani dengan pro dan kontra ada yang mengatakan secara islam itu boleh, bahkan akun facebook Darka Darmansyah mengatakan "udah biasonyo tu sekarang nikah satu marga", kemudian dijawab oleh akun Facebook Irma Yani Pane dengan mengatakan "Darka Darmansyah klu orang batak mana boleh sm sekali".

Bila dikaji dalam masyarakat Batak Toba unsur nasab yang dilarang dalam perkawinan yaitu "semarga", karena masyarakat adat Batak Toba menjunjung tinggi adat istiadat, apalagi perkawinan semarga itu sangat dilarang, karena semarga itu dianggap seperti saudara kandung, dengan alasan masih mempunyai hubungan darah yang sama berdasarkan keturunan dari marga yang ada.

Meskipun secara hukum islam tidak semua ikatan keluarga dilarang dalam menikah, hanya terkait dengan ketentuan mahram muabbad dan mahram ghairu muabbad, walaupun sama-sama berasal dari satu marga, hubungan antara seseorang pria dan wanita yang akan menikah tidak memiliki hubungan nasab yang dekat menjadi keharaman keduanya untuk menikah.

Dicky Hasibuan ketika ditanyakan seputar adat batak toba pada Metrokampung.com mengatakan kita ini tinggal di Sumatera Utara selain memiliki berbagai macam suku, agama dan budaya, juga selalu menjunjung tinggi adat istiadat sehingga marga yang melekat pada diri kita dijaga dengan baik agar tidak hilang ditelan jaman, karena semarga itu lebih dominan seperti keluarga kandung atau sedarah, makanya secara adat perkawinan semarga itu dilarang, jadi pesan saya perbanyak la belajar adat istiadat biar tau silsilah marga kita dan kita dari keturunan yang mana," ujarnya.

Aminuddin Hasibuan ketika dikonfirmasi Metrokampung.com Selasa malam (28/7/20) melalui via hand phone terkait mengenai masalah pernikahan dirinya sesama perempuan semarganya yang sempat viral di sosial media facebook, namun Aminudin Hasibuan tidak dapat dihubungi hingga berita ini diterbitkan. (Srt/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru