SUMUT

NASIONAL

Usai Salat Idul Adha, Warga BSP Sembelih 4 Lembu, 1 Ekor Sangkut di Tembok

Jumat, 31 Juli 2020 | 19.39 WIB
Kali Dibaca |

Warga Perumahan BSP bersama hewan kurbannya.
Lb Pakam, metrokampung.com
Warga Perumahan BSP Lubukpakam melaksanakan Salat Idul Adha 1414 H/2020 M  di Mesjid Al Hidayah komplek perumahan tersebut, Jumat (31/7/2020).

Bertindak sebagai imam sekaligus khatib, Al Ustad Ramaini SPdI. Dalam tausiyahnya, Ramaini menekankan.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah adalah menyembelih hewan kurban.

Lembu kurban yang berusaha kabur bikin geger warga.
Namun jika sudah mampu secara finansial tapi tidak mau berkuban, Ramaini mengutip sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahwa barang siapa yang memiliki kemampuan namun tidak berkurban, makan jangan sekali-kali mendekat ke tempat sholat kami.

”Jadi kalau sudah mampu silakan berkurban karena salah satu hikmahnya adalah akan melancarkan rezeki juga. Jangan takut bakal habis harta karena berkurban,"bilang Ustad Ramaini dihadapan jamaah Salat Idul Adha yang memadati Mesjid Al Hidayah.

Devi Maharani Sembiring di depan lembu kurban.
Sambungnya, pahala kurban sangat besar. Bahkan setiap bulu hewan kurban akan memberikan pahala.

"Setiap bulu dari hewan yang kita kurbankan ada 10 kebaikan, akan dihapuskan 10 keburukan dan akan diangkat 10 derajatnya. Setiap satu bulu, akan diganti menjadi istana di surga,"jelas Ustad Ramaini.

Usai salat, warga perumahan itu menyembelih 4 ekor lembu, 3 ekor kambing (bukan 2 seperti diberitakan terdahulu) di lapangan sebelah Mesjid Al Hidayah.

Pada saat penyembelihan hewan kurban, warga yang memadati lapangan sempat dibuat geger. Pasalnya, salah seekor lembu yang akan disembelih mendadak meronta dan berusaha kabur dari tempatnya diikat dengan melompati pagar tembok.

Namun usahanya tak berhasil. Sehingga lembu tersebut dalam posisi menungging karena bagian kepalanya sudah berhasil melompat, namun bagian badannya sangkut di tembok lapangan sebelah mesjid tempat penyembelihan.

Sejumlah pria dewasa warga BSP berusaha membebaskan lembu yang mulai nampak kesetanan. Setelah bersusah payah akhirnya lembu kurban tersebut berhasil dibebaskan dan langsung disembelih.

Salah seorang peserta kurban, Devi Maharani Sembiring mengaku senang bisa menjalankan amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah yakni menyembelih hewan kurban.

"Setiap tahunnya pada Hari Raya Idul Adha keluarga kami selalu berkurban,"jelas mahasiswi Fakultas Hukum UMSU tersebut.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru