SUMUT

NASIONAL

1 Agustus 2020, KMP Ihan Batak Danau Toba Berlayar 2 Trip Sehari

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 20.52 WIB
Kali Dibaca |

KMP Ihan Batak di Danau Toba.
Toba, metrokampung.com
Pariwisata Danau Toba mulai menggeliat yang ditandai bertambahnya jumlah pengunjung ke kawasan tersebut. Karenanya, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak akan berlayar minimal dua trip sehari dengan rute Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba menuju Pelabuhan Ambarita Kabupaten Samosir dan sebaliknya terhitung mulai 1 Agustus 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPTD Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Putu Sumarjaya melalui sambungan selulernya kepada Mistar, Kamis (30/7/2020).

Putu Sumarjaya juga menyampaikan, bahwa seiring dengan pemberlakuan New Normal di Kabupaten Samosir, maka perlu kita tambahkan jam Operasional Kapal Motor Penyeberangan (KMP Ihan Batak) untuk menghindari penumpukan kendaraan, karena kunjungan para wisatawan dipastikan akan meningkat, mengingat Kabupaten Samosir salah satu tujuan wisata favorit.

“Namun setiap keberangkatan Kapal Motor penyeberangan (KMP) Ihan Batakyang melayani jalur pelayaran Pelabuhan Ajibata-Pelabuhan Ambarita dan sebaliknya akan tetap dikoordinasikan dengan Nakhoda dan Korsatpel SDP,” ujar Kepala BPTD Wilayah II Sumut Putu Sumarjaya.

Ia juga  menambahkan, Kapal Feri jenis roro yang di kelola ASDP yang biasa 1 trip setiap harinya menjadi dua trip, yaitu Trip pertama KMP Ihan Batak berangkat sekitar pukul 09.00 WIB dari Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Ambarita dan trip kedua berangkat sekitar pukul 14.00 WIB dari Pelabuhan Ajibata menuju Pelabuhan Ambarita.

“Sebaliknya dari Pelabuhan Ambarita trip pertama KMP Ihan Batak berangkat sekitar pukul 11.00 WIB menuju Pelabuhan Ajibata dan trip kedua KMP Ihan Batak berangkat sekitar pukul 16.30 WIB menuju Pelabuhan Ajibata. Putu juga menambahkan, pengoperasian pelayanannyan KMP Ihan Batak tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Sementara Kepala satuan pelabuhan Koorsatpel Danau Toba, M Tobing ketika dikonfirmasi mengaku mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba dan akanmenghindari penumpukan kendaraan seiring dengan meningkatnya kunjungan para wisatawan ke Samosir.

“Pengoperasian pelayanannyan KMP Ihan Batak dapat sewaktu-waktu bertambah tergantung situasi dan kita siap mengangkut seluruh kendaraan yang telah mengantri di Pelabuhan Ajibata dan Ambarita,” katanya (in/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru