Bedah Rumah di Batu Bara, 2 Tahun Mencapai 505 Unit

Editor: metrokampung.com
Kadis Perkim Batu Bara Norma Deli Siregar dan Nenek Supinah bersama tim Perkim di depan rumah yang telah selesai dibedah.
Batu Bara, metrokampung.com
Program bedah rumah yang diluncurkan Pemkab Batu Bara memasuki tahun kedua. Selama dua tahun terakhir, ada 505 rumah warga tak layak huni yang berhasil dibedah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).

Demikian penyampaian Bupati Batu Bara Zahir diwakili Kadis Perkim Norma Deli Siregar menjawab wartawan saat meninjau rumah warga yang telah selesai dibedah, Selasa (11/8/2029).

Bedah rumah tahun 2020 telah selesai dikerjakan, atas nama Bupati Batu Bara, Kadis Perkim meninjau beberapa rumah yang telah dibedah.

"Kita mau melihat rumah yang dibedah yang bersumber dari APBD Batu Bara. Apakah sudah menjadi layak huni. Dari 9 rumah yang kita kunjungi ternyata seluruhmya sudah menjadi rumah layak huni, "sebut Norma.

Ditambahkannya,  program yang tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Batu Bara, pada tahun anggaran 2019 telah selesai dibedah 222 unit rumah tidak layak huni (RTLH).

Tahun 2020 telah selesai 283 unit dan melalui P-PAPBD Batu Bara 2020 direncanakan akan dibedah 77 unit lagi.

Dikatakan Norma, nilai bantuan yang disalurkan kepada masing-masing warga untuk bedah rumah sebesar Rp 15 juta. Sebesar Rp 12,5 juta untuk belanja bahan bangunan dan Rp. 2,5 Juta untuk ongkos tukang.

Sedangkan kriteria penerima bantuan bertajuk bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) disebutkan Norma diantaranya merupakan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), dan tanah milik sendiri.
 Selain itu termasuk masyarakat berpenghasilan rendah, sudah berkeluarga serta siap berswadaya dalam bentuk tenaga, bahan dan biaya.

Kepada wartawan, Kadis Perkim Norma Deli mengungkapkan target Bupati Batu Bara Zahir yang menginginkan sebelum berakhir masa jabatannya seluruh rumah di Kabupaten Batu Bara sudah menjadi rumah layak huni.

Nenek Supinah (86), salah seorang warga penerima bantuan bedah rumah menyampaikan puji syukur atas bantuan Bupati dan warga sekitar sehingga rumahnya telah selesai dibangun. (rud/dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini