SUMUT

NASIONAL

Disaksikan Bupati Zahir, Gubsu – Investor Korsel Bangun PLTGU 4.800 MW di Batu Bara

Kamis, 27 Agustus 2020 | 09.52 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP saat menyaksikan Gubsu menandatangani MoU dengan PT Hanlim di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.
Medan, Metrokampung.com
Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di Kabupaten Batubara mulai menunjukan titik terang. Untuk mempercepat ini, Pemprov Sumut menggandeng PT Hanlim Energy Power dari Korea Selatan.

Penandatanganan nota kesepakatan bersama dilakukan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Chairman PT Hanlim Power Coorporation (HPC) Paul Han R Lee disaksikan Bupati Batubara Ir.H.Zahir,MAP, Rabu (26/8/2020),

Edy mengatakan, Januari 2021 pembangun PLTGU harus sudah dimulai. "Provinsi yang akan menyelesaikan regulasi perizinan dan pertanahan. Jika tidak ada kendala, paling lama Januari 2021 sudah harus berjalan pembangunan ini," ujarnya.

PLTGU berkapasitas 6 kali 800 megawatt dibangun dalam 3 tahap. Tahap pertama akan dibangun 2 kali 800 megawatt, selanjutnya tahal kedua dan ketiga juga masing-masing 2 kali 800 megawatt.

“Kalau sudah selesai akan ada 250 investor yang masuk ke Sumut, dengan begitu selesai pengangguran yang ada di Sumut. Mari kita terus bergeliat untuk bekerja. Jangan hanya bermimpi, perbanyak kerja karena banyak yang harus kita wujudkan," ujar Edy Rahmayadi.

Energi listrik ini nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan Kawasan Industri Kuala Tanjung.

Metode pembangunannya pun disiapkan dua metode. Plan A, pembangkit yang sudah selesai nantinya dijual ke PLN, kemudian PLN menyalurkan ke konsumen. Plan B, pembangun pembangkit listrik menyalurkan langsung ke konsumen yang berada di Wilayah Usaha (Wilus).

Dikarenakan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) dari PLN belum selesai maka akan dilaksanakan plan B dengan menggunakan metode Wilus. BACA JUGA : Polsek Percut Bekuk Pengedar 2 Kg Sabu Jaringan Lapas.

Penandatanganan disaksikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina, Presiden Komisaris PT HPI Aulia Pohan, Bupati Batubara Zahir dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Sumut Hasmirizal Lubis.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru