SUMUT

NASIONAL

Pencari Ikan Asal Simalungun Tenggelam di Danau Toba

Minggu, 02 Agustus 2020 | 17.54 WIB
Kali Dibaca |

Tim SAR Gabungan Melakukan Pencarian Korban di Perairan Danau Toba.
Simalungun, metrokampung.com
Janosman Purba pergi ke perairan Danau Toba, persisnya di Pantai Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dia bemaksud mencari ikan, Kamis (30/7/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Menggunakan solu atau perahu kecil dari kayu, pria berusia 58 tahun, warga Nagori Bangun Purba Horisan, Dusun Bangun Purba, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun, itu pun berangkat ke tengah danau.

Sejumlah warga di sana sempat melihat dia pergi naik solu. Tidak ada sesuatu yang mencurigakan karena Janosman sudah terbiasa melakukan aktivitas itu. Mencari ikan di tengah danau dengan cara memasang bubu atau jaring ikan.

Sejak dia pergi, petang berganti malam, Janosman tak kunjung kembali ke rumah. Keluarganya pun mencari keberadaannya, namun tidak diketahui di mana. Khawatir Janosman mengalami sesuatu di tengah danau, hal itu pun dilaporkan ke aparat terkait.

Kapolsek  Purba Iptu  Marolop Sinaga yang menerima laporan merespons dengan menurunkan personel ke lokasi dan berkoordinasi dengan tim search dan rescue atau SAR Parapat.

Dalam proses pencarian ditemukan perahu atau solu yang digunakan Janosman di danau, hanya saja bentuknya sudah tidak utuh. Solu seperti terbelah. Petugas tim SAR Parapat pun terus melakukan pencarian.

Tim SAR Parapat dipimpin Okto Tambunan melakukan pencarian dengan cara menyelam di titik yang diperkirakan Janosman tenggelam.
Berkat kesabaran personel tim SAR, jasad Janosman akhirnya ditemukan sekitar 15 meter di kedalaman danau empat hari kemudian, persisnya Sabtu (1/8/ 2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Titik penemuan berjarak 150 meter dari bibir pelabuhan Pantai Haranggaol. Penyelaman berlangsung 30 menit sebelum kemudian jasad Janosman ditemukan hingga dievakuasi.

Jasad Janosman selanjutnya dibawa ke Puskesmas Haranggaol untuk divisum, sebelum kemudian diserahkan kepada keluarga.

"Jenazah korban sudah diserahkan ke pihak keluarga untuk disemayamkan," katanya. (dra/mk) 
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru