SUMUT

NASIONAL

Perpustakaan Lestari Kampung Padang Wakili Sumut ke Nasional

Jumat, 07 Agustus 2020 | 11.14 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Perpustakaan Lestari Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan sukses menyabet juara satu Lomba Pustaka Umum Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Selanjutnya, perpustakaan ini akan mewakili Sumut dalam Lomba Pustaka tingkat nasional.

Penghargaan Lomba Perpustakaan Dinas Perpustakaan Arsip Sumut ini menghasilkan para pemenang dari juara satu hingga enam untuk tingkat desa/kelurahan. Piala dan penghargaan telah diserahkan kepada pemenang oleh Kepala Dinas Perpustakaan Arsip Sumut, Hallen Purba kepada Kepala Desa Kampung Padang, Jamri, di di Aula Perpustakaan, Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (06/08/2020). Termasuk didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Labuhanbatu, Leo Sunarta.

Leo Sunarta, mengatakan, Perpustakaan Lestari Desa Kampung Padang menerima penghargaan juara I tingkat Sumut telah melalui proses panjang. “Kita akui Perpustakaan Lestari Desa Kampung Padang memang sangat bagus. Apalagi sistem administrasi pengelolaan yang mereka bangun sangat memuaskan,” tegas Leo.

Perpustakaan Lestari Kampung Padang Juara Satu Lomba Perpustakaan Sumut

Sebelumnya, Kepala Desa, Jamri, mengatakan, pengurus perpustakaan yang dibinanya benar-benar mengedepankan literasi demi anak-anak Kampung dan masyarakat yang membutuhkan berbagai ilmu dan wawasan baik di bidang pertanian, perkebunan hingga pelaku usaha kecil.

Selain itu, Perpustakaan Lestari Desa Kampung Padang juga mendidik anak-anak secara gratis termasuk pendidikan materi komputer. Perpustakaan Lestari ini memang cukup diperhitungkan hingga tingkat nasional.

“Tahun 2019 perpustakaan kita masuk nominasi 8 besar Nasional, dan tingkat Provinsi Sumatera Utara diurutan ketiga. Alhamdulillah atas prestasi ini secara otomatis kita mewakili Sumut untuk lomba serupa tingkat nasional,” ungkap Kepala Desa Kampung Padang, Jamri,

Tahun ini, Perpustakaan Lestari juara satu tingkat Sumut. “Mereka mengajarkan anak-anak dan masyarakat secara gratis. Bahkan kita mendatangkan pengajar komputer dari Universitas Labuhanbatu, dan anak-anak belajar komputer secara gratis,” sebut Jamri.


Perpustakaan ini nyaman dan mengedepankan literasi menjadi contoh buat desa lain di Kabupaten Labuhanbatu. “Bukan hanya buat anak-anak sekolah saja. Masyarakat juga banyak memanfaatkan buku-buku pertanian, perkebunan, dan termasuk buku-buku buat para pelaku usaha, termasuk para milenial,” papar Kepala Desa Kampung Padang ini.

Sebagai informasi, para pemenang lomba perpustakaan umum yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut yakni, juara satu Perpustakaan Lestari Desa Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Kemudian, juara kedua adalah Perpustakaan Rumah Baca, Kelurahan Bandar Utama, Kota Tebing Tinggi. Kemudian, juara tiga Perpustakaan Desa Al Hidayah, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Selanjutnya, juara empat Perpustakaan Kelurahan Pancuran Gerobak, Sibolga, dan juara lima Perpustakaan Pasar V Kebun Kelapa, Deli Serdang dan juara enam Perpustakaan Kelurahan Mangga, Medan.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru