SUMUT

NASIONAL

Polres Humbahas Bagikan Daging Qurban Ke Masyarakat, Pemda Belum Pernah Sama Sekali

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 20.58 WIB
Kali Dibaca |

Situasi pemotongan hewan qurban di Mapolres Humbahas.
Doloksanggul, Metrokampung.com
Guna mewarnai perayaan Idul Adha 1441 Hijriah atau yang biasa dikenal dengan Hari Raya Haji, dengan tali kasih antara sesama umat beragama, Kepolisian Resor Humbang Hasundutan menggelar kegiatan sembelih hewan qurban.

Pemotongan hewan qurban dilakukan di Masjid Al-Muzahirin Mapolres Humbahas jumat (31/7/2020) kemarin, usai  dilaksanakan nya sholat Idul Adha.

Pantauan media, penyembelihan hewan qurban ini dipimpin langsung oleh Kapolres dengan dihadiri langsung oleh Tokoh masyarakat, Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB),serta jajaran Polres.

Kapolres Humbahas, AKBP. Rudi Hartono melalui Paur Subbag Humas, Bripka Lolo Bako sabtu (1/8/2020) mengatakan, bahwa pada kesempatan tersebut pihak nya menyembelih hewan qurban sebanyak 6 ekor, yakni 3 ekor Sapi dan 3 ekor kambing. Daging- daging qurban ini nantinya akan dibagikan kepada seluruh personil dan undangan serta masyarakat yang ada di 4 kecamatan yaitu, Doloksanggul, Lintong Ni Huta, Paranginan dan Pollung.

Beda dengan yang satu ini, Pemerintah daerah setempat yang bermottokan Humbahas Hebat dan bermentalitas Unggul ini justru tak pernah melaksanakan atau menyumbangkan hewan kurban untuk dipotong dan dibagi-bagi kepada masyarakat khususnya saudara - saudara kaum muslimin di Humbang Hasundutan. Hal ini dikemukakan Kabag Kesejahteraan Sosial Setdakab,Jakon Marbun kepada awak media Sabtu, (1/8/2020).

Dia mengatakan bahwa sejak dirinya menjabat sebagai Kabag Kesos, hal itu tidak pernah dilakukan, sebab juga tidak pernah ada dalam kegiatan mereka. Ditanya soal, adanya kebijakan pemerintah daerah pada setiap perayaan idul adha terkait pemberian atau sumbangan hewan qurban untuk dibagi-bagi ke Masyarakat, Jakon mengaku bahwa sampai sejauh yang Ia ketahui belum pernah.

Terpisah mantan anggota DPRD Kabupaten Humbahas periode 2009 - 2014 sekaligus putra Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Humbahas, Idris Sihite yang dicoba dikonfirmasi mengaku bahwa ketika dirinya menjadi partner eksekutif, Pemerintahan kala itu kerap menyumbangkan hewan qurban ke masjid - masjid untuk disembelih dan dibagi kepada masyarakat kaum muslimin setiap perayaan idul adha.

Dijelaskan nya, bahwa dalam hal pemotongan daging qurban pemerintah bekerja sama dengan panitia qurban yang ada di badan pengurus masjid masing-masing. (Red-MK) 
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru