SUMUT

NASIONAL

Presidium : Don King Jangan Asbun

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 20.50 WIB
Kali Dibaca |

Ketum Presidium GM FKPPI, Hans H Silalahi (kiri) bersama anggota Presidium Pusat AR Krisman Purba membahas pelaksanan pengkuhan Presidium Daerah Sumut di Hotel Adimulia Medan.
Medan, metrokampung.com
Pernyataan Yan Surya Dharma alias Don King sebagai pimpinan Rapat Pleno PD II GM FKPPI Sumut di Tebing Tinggi, beberapa waktu, menuai reaksi keras dari sejumlah Presidium Cabang Kota dan Kabupaten GM FKPPI di Sumut.

Mereka menyesalkan pernyataan Don King, karena dianggap asal bunyi dan tidak tau apa-apa tentang presidium GM FKPPI.

"Kalau tidak memahami tentang Presidium GM FKPPi jangan asal bunyi, bung. Pahami dulu baru bicara. Camkan itu,"ujar Agus Purba, Presidium Cabang Kota Tebing Tinggi didampingi Presidium Cabang Sergai dan Batu Bara, Sabtu (1/8/2020).

Pertemuan dengan Ketum Presidium Hans H Silalahi untuk persiapan pengukuhan terus dilakukan di Medan.
Sambung ketiganya, sebagai orang yang pernah duduk sebagai Sekretaris PD II FKPPI Sumut, Don King sangat tidak etis mengeluarkan pernyataan yang membuat gaduh dan tidak memahami dengan apa yang dicakapkan.

"Kok becakap pulak soal Presidium. Waktu Munas X GM FKPPI di Bogor, tahun lalu, dia gak ikut dan hadir, kok malah sok tau pulak soal Presidium. Apalagi dikatakannya soal Presidium hingga tingkat rayon yang harus melakukan musra. Pembahasan Presidium yang sekarang ini baru sampai cabang kota dan kabupaten. Kok bisa pulak dia ngomong musra presidium di tingkat rayon. Nampak kali gak paham dia itu,"bilang Agus menahan amarah.

Di dalam AD/ART yang kami pegang saat ini, sambung Agus, tidak ada presidium di tingkat rayon.

"Setahu kami, Presidium Daerah Sumatera Utara GM FKPPI berikut Presidium Cabang Kota dan Kabupaten se-Sumut akan segera dikukuhkan oleh Ketum Presidium, Hans H Silalahi. Setelah Sumut menyusul presidium daerah lain di Indonesia. Sumut yang dulu dikukuhkan. Pahami dulu baru becakap, bos,"tandas Agus.

Adapun pernyataan Don King yang menyulut amarah anggota Presidium dan terbit di media online disebutkan  presedium di tingkat daerah belum pernah terbentuk.

“Kalau ada yang mengaku-ngaku presedium itu tidak benar dan akan berhadapan dengan hukum,” tegas Don King.

Intinya presedium itu dibentuk melalui Munas, Musda, Muscab dan Musra.

Presidum itu di kategorikan dengan dewan penasehat, hak dan kewajibannya diatur dalam Bab I pasal 20 AD/ART GM FKPPI.

Namun kenyataannya pada hari ini ada oknum yang mengaku dari presedium pusat, telah membentuk presedium di daerah daerah dan telah berani pula akan ada pelantikan presedium Sumut pada Agustus 2020 mendatang.

"Hal ini menyebabkan, dualisme kepemimpinan di tubuh GM FKPPI Sumut yang tidak boleh terjadi. Berharap teman-teman yang mengatasnamakan presedium itu mengerti prosedural tentang pembentukan presedium itu sendiri dengan wacana yang dibuat mereka sekarang ini telah tetbukti perpecahan di tubuh GM FKPPI Sumut. Indikasinya oknum mengatasnamakan presedium itu ingin memimpin GM FKPPI Sumut,"kata Don King.

"Mari kita bermain fairplay di ajang Musda mendatang. Saya tantang mereka apa ada surat perintah atau SK atau petunjuk pelaksanaan tentang presedium dari Pengurus Pusat GM FKPPI. Kalau itu ada, saya mendukung sepenuhnya,'ucap Don King di media online.

Diberitakan, GM FKPPI menggelar Munas X di Kinasih Resort dan Conference, Caringin,  Bogor, Jawa Barat selama 2 hari, Selasa dan Rabu (10 -11 Desember) 2019 silam.

Pada Munas X itu juga menetapkan, Hans Havlino Silalahi, mantan Ketum GM FKPPI sebagai Ketua Umum Presidium Pusat, Periode 2019-2024. Hans didampingi oleh Ketua Harian (Ex Officio ) Dwi Rianta Surbakti, Ketum GM FKPPI. Sedangkan  Dr (Hc) Vonny A Panambunan S.Th., M.Th, Arnisah Vonna, Persada Ginting dan Allan Samual ditunjuk menjadi Ketua Presidium Pusat GM FKPPI.

Kemudian Basril Hasan Basri yang ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Presidium Pusat GM FKPPI didampingi, Ari Garyanida, Sekjen GM FKPPI (Ex Officio)  Wempi Martadho, Victor Aritonang, Fachruddin Gani sebagai Wakil Sekjen. Sementara, Diecky R Lembas dan Krisman Purba sebagai Anggota Presidium.

Penjelasan ini disampaikan Ir AR Krisman Purba, anggota Presidium Pusat GM FKPPI menanggapi tudingan Don King bahwa presidium tidak pernah ada. Kalau ada yang mengaku-ngaku presidium itu tidak benar dan akan berhadapan dengan hukum.

"Ucapan Don King sangat berbahaya. Berarti dia gak ngerti dan tidak mengakui Bung Hans H Silalahi sebagai Ketum Presdium GM FKPPI,' jelas Krisman kepada wartawan.

Punbegitu, Krisman Purba yang disebut-sebut bakal didapuk sebagai Ketua Presidium Daerah Sumatera Utara mengimbau kepada jajaran Presidium Daerah Sumut, Cabang Kota dan Kabupaten untuk tetap tenang menyikapinya.

"Saya hadir dan dilantik menjadi anggota Presidium Pusat GM FKPPI di Bogor. Saya bersama Hendra Sembiring (Dakosatgas) dan kawan-kawan presidium lainnya hadir di Munas tersebut," ujarnya.

Sekaitan itu, Ketum Presidium GM FKPPI, Hans H Silalahi akan segera melakukan pengukuhan Presidium Daerah Sumut berikut Presidium Cabang Kota dan Kabupaten se-Sumut.

Panitia pengukuhan pun telah dibentuk. Ketum Presidium Hans H Silalahi telah beberapa kali datang ke Medan untuk pemantapan pelaksanaan pengukuhan tersebut.

Menurut Hans H Silalahi sebagaiman disampaikan oleh Krisman Purba, setelah Sumut daerah lain akan menyusul. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru