SUMUT

NASIONAL

Sambut HUT RI ke-75, Diskominfo Asahan Bersama Insan Pers Gelar Donor Darah

Rabu, 12 Agustus 2020 | 15.23 WIB
Kali Dibaca |


Asahan, Metrokampung.com
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Asahan bersama insan pers Asahan menggelar donor darah menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 dikantor Diskominfo Asahan, Rabu (12/8/2020).

Donor darah tersebut diikuti puluhan ASN Diskominfo dan insan pers Asahan sebagai wujud untuk membantu ketersediaan darah yang semangkin berkurang.

"Kegiatan positif ini merupakan intruksi Bupati Asahan kepada setiap OPD sebagai wujud kepedulian membatu ketersediaan darah di Indonesia, "kata Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar.

Ia juga menyampaikan bahwa secara ideal ketersediaan darah untuk donor adalah 2,5% dari jumlah penduduk, apalagi ketersediaan darah semangkin berkurang.

"Rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjadi donor darah sukarela menjadikan ketersediaan darah semangkin berkurang, "sebut Rahmat.

Sementara itu, dr Ade Hariza Harahap sebagai penanggung jawab donor darah mengatakan tidak perlu khawatir proses donor darah dimasa mewabahnya covid-19.

"Saat ini tidak ada laporan kasus yang menyebutkan virus covid-19 menular melalui tranfusi darah, "ungkapnya.

Selanjutnya Ade Hariza menyampaikan bahwa selama donor darah menjalankan protokol kesehatan proses donor darah aman untuk dilakukan.

Ditempat yang sama. Kepala unit transfusi darah RSUD HAMS Kota Kisaran Subur Hasibuan mengatakan peserta yang dapat mengikuti donor darah harus mempunyai kesehatan jasmani dan rohani dengan usia 17 sampai 65 tahun serta memiliki berat badan 45 Kilogram.

Selain memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Subur Hasibuan mengatakan pendonor darah juga harus memiliki tekanan darah dalam batas Sistolik 100-170 mmHg dan Diastolik 70-100 mmHg serta kadar HB normal dengan tidak memiliki riwayat penyakit kronis dan tidak melakukan donor darah dalam 12 minggu terkahir. (AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru