SUMUT

NASIONAL

TEKOLAH : 'Teknologi Sekolah Atau Sekolah Melalui Teknologi'

Rabu, 12 Agustus 2020 | 12.56 WIB
Kali Dibaca |

Roska Hombing Choi (Pembina Yayasan Sing Your English).
Samosir, metrokampung.com
Sejak COVID-19 melanda dunia,  manusia terpaksa tinggal di rumah dan secara fisik menjaga jarak satu dengan yang lain.  Teknologi digital akhirnya menjadi satu solusi!. Teknologi ramai digunakan orang dalam menjalankan hidup yang serba dibatasi oleh protokol kesehatan.

Demikian juga dengan dunia pendidikan. Pembelajaran secara  ‘Daring’ menjadi solusi utama.  Tetapi, sejumlah sekolah tidak dilengkapi dengan pengetahuan tentang bagaimana menggunakan teknologi dengan baik dan efektif dalam dunia pembelajaran disamping jaringan yang sangat lemah khususnya di daerah-daerah yang tidak terhubung dengan internet.

Tekolah (Teknologi Sekolah)
Selama ini yang namanya Sekolah  adalah belajar di Sekolah. Namun dengan penerapan social distancing, cara konvensional ini, tidak dapat digunakan lagi.  Saatnya guru dihimbau untuk mampu melakukan Tekolah (Teknologi Sekolah) yakni pembelajaran secara online atau yang kerap disebut DARING (dalam jaringan).  Dengan Tekolah ini, anak didik tetap menjalankan dunia  Sekolah di alam layar teknologi.

Suasana Diskusi Via daring yang di ikuti guru guru kristen di Indonesia.

Dalam situasi seperti ini maka tidak ada lagi pilihan bagi guru kecuali berkehendak keras untuk belajar menggunakan komputer dengan ratusan aplikasi yang dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang menarik.

Oleh sebab itu Ibu, Roska Hombing Choi yang kerap dikenal dengan program Sing Your Englishnya, bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Hidup Baru di Pulau Batam dan Kan Kemenag Kodya Batam mengadakan Webinar khusus untuk guru-guru Kristen di seluruh Indonesia. Beliau memberi motto “Guru Hebat di Masa Pandemi” dalam setiap acara Webinar yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan dikemudian hari.

Harapan beliau Webinar berikutnya akan mengedukasi guru-guru Kristen bagaimana mempersiapkan mata pelajaran dengan menggunakan teknologi sehingga di masa pandemi ini TEKOLAH dapat melayani semua siswa dan siswa di rumah masing-masing.

"Mari kita memaksimalkan teknologi dan menciptakan TEKOLAH demi masa depan Indonesia Jaya"ajak Roska Kepada Seluruh Guru Kristen yang mengikuti kegiatan lewat Daring.

Pada saat yang sama Ibu Roska menyatakan bahwa Sing Your English muncul dengan wajah yang baru untuk memenuhi tuntutan zaman pandemi dan untuk meneruskan cita-cita anak bangsa untuk dapat mampu berbahasa Inggris.

"SYE menerapkan TEKOLAH alias Sekolah lewat Teknologi. Z-Class SYE siap melayani pelajaran extra kurikulum Tekolah via Zoom aplikasi.  Jangan kita lewatkan kesempatan emas untuk maju dimasa pandemi," terangnya.

Lebih lanjut, Beliau yakin sekali kalau inti dari TEKOLAH yang sedang berlangsung sekarang (Daring) adalah untuk mendorong, memberdayakan, dan melengkapi guru untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dan memanfaatkan potensi setiap guru  untuk kemajuan pendidikan anak bangsa dan pemenuhan goal pendidikan di Indonesia khususnya di masa pandemi ini.

Penulis :Roska/ HPS
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru