SUMUT

NASIONAL

Wali Kota Siantar Diminta Santun Kepada Jurnalis

Kamis, 13 Agustus 2020 | 22.41 WIB
Kali Dibaca |

Demo aliansi jurnalis protes Wali Kota Siantar karena dinilai lecehkan wartawan.
Siantar, metrokampung.com
Puluhan wartawan berunjuk rasa di kantor Wali Kota Pematangsiantar sebagai aksi protes atas ucapan Wali Kota Hefriansyah kepada insan pers yang dinilai tidak etis karena melecehkan pekerja pers di daerah itu.

Menanggapi aksi para jurnalis tersebut, anggota DPRD Siantar Feri Sinamo menyebut segala bentuk intimidasi dalam bentuk apapun tidak dibenarkan. Hal itu dikatakan Feri usai menghadiri rapat komisi KUA PPAS rancangan APBD Kota Siantar 2021 di Gedung DPRD Siantar Jalan Adam Malik, Siantar, Kamis (13/8/2020).

“Bagaimana pun pers adalah salah satu pilar negara. Fungsi pers sudah diatur dalam Undang-undang sehingga harus didukung dan disadari peran pers jangan justru bersikap tidak baik dan tidak beretika,” ujar Feri Sinamo.

Ia menyebutkan, kalimat tidak beretika dari seorang pimpinan jelas tidak baik dalam bernegara. Apalagi menjadi ujaran kebencian dan perasaan tidak menyenangkan bisa berlanjut ke ranah hukum. Karena ada konsekuensi hukum yang mengaturnya.

Ketua koordinator aksi wartawan Elisbet Purba pada orasi langsung di kantor Walikota Siantar mengatakan, sikap tindakan walikota bertindak tidak sesuai etika dan patut dikecam. Apalagi hal ini dilakukan kepada sejumlah wartawan yang melakukan peliputan di gedung harungguan DPRD Siantar.

“Hefriansyah menggambarkan seorang pemimpin yang alergi dengan pers. Padahal sejumlah wartawan hanya menyinggung agenda kerjanya yang melakukan datang ke KASN,” ujar Elisbet dalam orasinya.

Ia melanjutkan, aliansi jurnalis Siantar menilai apa yang disampaikan Wali Kota Siantar dianggap sangat melecehkan profesi jurnalis. Apalagi mengutarakan ucapan tidak pantas.

“Kami meminta walikota lebih menghormati profesi jurnalis dan kebebasan pers,” ujarnya.
Aksi wartawan dilakukan pada pukul 11.00 WIB dimulai dari kantor Wali Kota Siantar dan berlanjut ke gedung DPRD Siantar. Aksi berlangsung aman dan tertib dengan pengawalan Polres Pematangsiantar.

Tak ada tanggapan Pemko Siantar terkait unjuk rasa insan pers tersebut termasuk Wali Kota Siantar sendiri hingga aksi massa berakhir.(in/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru