SUMUT

NASIONAL

Anggota DPRD Medan Abdul Latif Lubis Mengadvokasi Pemindahan Tiang Listrik di Masjid Baiturahman Medan Marelan

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 16.43 WIB
Kali Dibaca |



Medan, metrokampung.com
Anggota DPRD Medan dari fraksi PKS Abdul Latif Lubis M.Pd mengadvokasi aduan warga Rengas Pulau terkait pemindahan tiang listrik yang berada di dalam halaman masjid Baiturahman di lingkungan 24 Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, sabtu (03/10/2020).  

Dalam advokasi tersebut, anggota Komisi I ini mengatakan warga kesulitan dalam proses negosiasi dengan pihak PLN Medan Utara untuk pemindahan tiang listrik yang ada di dalam halaman masjid Baiturahman. 

Sebagaimana diketahui bahwasanya beberapa waktu lalu BKM (Badan Kemakmuran Masjid) masjid telah melakukan permohonan pemindahan tiang listrik ke PLN namun tidak mendapatkan titik temu antara pengurus BKM masjid dengan pihak PLN. 

"Oleh itu saya mengadvokasi kepada pihak PLN dalam hal ini diwakili oleh Bapak Rizal sebagai penanggung jawab dari pihak PLN Medan Utara untuk menindaklanjuti aduan dari BKM masjid yang saya terima dan alhamdulillah direspon dengan baik oleh Bapak Rizal, "ujarnya. 

Anggota Pansus Covid -19 DPRD Medan ini menjelaskan,  pemindahakan tiang listrik di halaman masjid disebabkan karena tiang listrik yang sudah berpuluh tahun berdiri itu mengganggu jalannya aktivitas pembangunan ruang perpustakaan dan ruang serbaguna yang sedang dalam proses pengerjaan. Jika tiang listrik tersebut tidak dipindahkan akan sangat berbahaya dan proses pembangunan tidak dapat diteruskan. 

Kemudian dari pada itu, dalam advokasinya Latif juga berhasil menekan biaya regulasi yang dibebankan oleh pihak PLN kepada BKM masjid sebesar 7 juta rupiah menjadi 1 juta rupiah. "Saya meminta kepada pihak PLN untuk memberikan dispensasi biaya regulasi pemindahan tiang listrik itu, dan syukurnya pihak PLN tanggap dan memberikan solusi dengan hanya mewajibkan pihak BKM membayar biaya regulasi sebesar 1 juta rupiah,"tegasnya. 
Anggota DPRD Medan dari Dapil II ini mengatakan bahwa advokasi ini dilakukan karena sebagai wakil rakyat harus senantiasa menyampaikan aspirasi rakyat. Dan memang sebagaimana selogan yang telah diarahkan oleh partai (PKS)  "berhikmat  untuk masyarakat". "Untuk itu, senantiasa saya seoptimal mungkin untuk dilaksanakan dalam kerja-kerja untuk melayani rakyat tersebut, "ujarnya. 
Latif mengucapkan ribuan terimakasih kepada Bapak Rizal penanggung jawab PLN di Medan Utara yang sudah merespon pengaduan warga tentang pemindahan tiang listrik di masjid Baiturahman ini. Dan Latif pun berharap dengan adanya advokasi ini dapat bermanfaat bagi orang banyak umumnya dan khususnya bagi warga setempat dalam melaksanakan ibadah di dalam Masjid tersebut. 

Ketua BKM masjid Baiturahman Hasanuddin mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota DPRD Medan Abdul Latif Lubis  yang telah memfasilitasi kemudahan dalam pemindahan tiang listrik di halaman masjid Baiturahman. Tidak hanya itu,  dengan diadvokasi oleh Abdul Latif biaya regulasi pemindahan tiang listrik yang tadinya biayanya besar menjadi kecil.  

"Mudah-mudahan ini menjadi suatu apresiasi yang baik untuk kedepannya dan kami berharap kepada Bapak Abdul Latif mudah-mudahan bisa membantu lagi dalam hal-hal lain untuk kepentingan warga,"harapnya.  

Husein, Sekretaris BKM masjid Baiturahman mengaku lega dengan adanya advokasi yang dilakukan anggota DPRD Medan Abdul Latif Lubis dengan pihak PLN Medan Utara.  Karena menurutnya, sudah tiga kali permohonan pemindahan tiang listrik diajukan olehnya sebagai pengurus BKM Masjid tapi tidak ada tanggapan dan titik temu terkait biaya regulasi yang dibebankan oleh pihak PLN. 

"Untuk itu kami meminta tolong kepada Bapak Abdul Latif Lubis untuk mengadvokasi dan langsung direspon oleh pihak PLN. Ngomong hari kamis dan langsung disuruh bayar biaya regulasi,  jumat tiang langsung dipasang dan hari ini sabtu langsung pemindahan kabel," jelasnya. 

Husein pun mengaku bersyukur setelah adanya advokasi yg dilakukan oleh Abdul Latif dirinya dan pengurus BKM Baiturahman tidak lagi dibola-bola oleh pihak PLN. "Kami perlu dewan yang seperti Bapak Latif yang sangat tangap atas laporan warganya,"tegasnya.(VIN/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru