Bupati Batu Bara Serahkan Alat Press Pisang Sale Dan Impulse Sealer

Editor: metrokampung.com


Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Zahir didampingi Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari menyerahkan Bantuan Alat Pres Pembuatan Pisang Sale Dan Alat Impulse Sealer di Balai Desa Sumber Makmur, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, Kamis (19/11/2020).

Azwar Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) kabupaten Batu Bara menjelaskan bahwa pemberian bantuan alat pres pisang sale dan sealer guna pemulihan ekonomi di Desa sumber makmur Kecamatan Limapuluh. Jumlah yang diberikan pada masyarakat  yang mempunyai industri rumah tanggah di Desa sumber makmur yakni : jumlah alat pres pisang sale sebanyak 100 unit, alat sealer untuk pengemasan sebanyak 100 unit.

"Sedangkan untuk Desa lubuk besar Kecamatan Datok Limapuluh antara lain sebanyak 100 unit, dan untuk Desa Lubuk hulu mendapatkan alat sealer untuk pengemasan sebanyak 80 unit," ucapnya.
Ia berharap, pemberian alat bantu ini agar bisa dimanfaatkan lebih baik dan bisa meningkat penghasilan nantinya.

Kepala Desa Sumber Makmur Aprianto mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Batu Bara Zahir di Desa sumber makmur, Menurutnya, ini merupakan bentuk perhatian khususnya UMKM Desa Sumber Makmur kepada pengerajin pisang sale.

"Sebelumnya perlu saya sampaikan pengerajin pisang sale ini mengunakan alat tradisional lebih kurang 30 tahun, maka kami sangat bersyukur atas pemberian bantuan kepada Bupati Batu Bara sebuah alat pres dan sealernya," sebut kades Apriyanto.

Ia berharap, kedepannya terus mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah khususnya Bupati Batubara Zahir.
Bupati Batu Bara Zahir yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir mengatakan, dimana situasi pandemi ini semua daerah menginginkan pemulihan ekonomi nasional, selain itu setiap daerah menginginkan punya produk produk tersendiri, seperti di Desa Lubuk hulu disana mempunyai produk emping.

"Maka ini hari di Desa Sumber Makmur juga mempunyai produk pisang sale. Maka Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah memberikan bantuan alat canggih presan pisang sale, yang sebelumnya mengunakan alat tradisional," sebut Politisi PDIP ini.

Menurut Bupati, Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), silahkan koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Selanjutnya label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bila perlu, disiapkan izin Hak atas Kekayaan Inteltual (HaKI) dari Kemenkumham, sehingga kemasan pisang sale dengan merk Melati adalah milik Desa Sumber Makmur.

"Namun saya berharap dengan alat canggih ini kedepannya produksi semangkin meningkatkan. Dan pemberian bantuan ini tidak ada batasan, itulah salah satu yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden untuk pemulihan ekonomi nasional itu yang dimulai dari UMKM, bisa ternak sapi, ternak bebek dan tukang bakso. Apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan bisa menjadi meningkatkan ekonomi tetap kita bantu," ungkap Bupati Zahir. 

Turut hadir Bupati Batu Bara, Ir. H Zahir, M.AP dan Ketua TP- PKK Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, SE, Hadir dalam acara itu, Kadis Ketapang, Azwar, SP, Sekdakab Batu Bara, H Sakti Alam Siregar, SH, Camat Limapuluh, Kades Sumber Makmur serta Warga Penerima Bantuan Alat Pres Pisang Sale.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini