Pengikut

SUMUT

NASIONAL

VISITDAIRI.COM: Marketplacenya Artisan Dairi Menembus Pasar

Jumat, 19 Februari 2021 | 19.34 WIB
Kali Dibaca |



Sidikalang, metrokampung.com
Dunia Pariwisata menjadi sektor yang paling berdampak di masa Pandemi-Covid-19. Selama setahun penuh, hampir semua tempat wisata tidak mendapat kunjungan dari para pelancong. Hal buruk bisa saja terjadi, nama dan tempat wisata itu akan hilang jika kondisi ini dibiarkan.

Ini menjadi salah satu kekhawatiran setiap daerah yang memiliki sebuah destinasi wisata. Terlebih berbagai wacana yang muncul, yang akan dibuka kembalinya tempat wisata dengan pengetatan protokol kesehatan di lokasi-lokasi itu. Berbagai daerah pun melakukan pembenahan dan melakukan inovasi untuk menghidupkan kembali sektor yang telah lama mati suri, akibat Pandemi-Covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Dairi, yang selangkah lebih maju dalam melakukan pembenahan dan membuat inovasi di sektor ini sebagai persiapan menjelang dibuka kembalinya lokasi-lokasi wisata. Dengan membuat platform pariwisata digital bernama, VisitDairi.com.
VisitDairi.com merupakan platform pariwisata digital yang dimiliki dan dikelola oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi. Visit Dairi. Platform ini dibuat untuk memudahkan para wisatawan untuk mendapatkan informasi yang lengkap atau referensi tentang destinasi-destinasi wisata yang ada di Kabupaten Dairi.
Platform pariwisata digital VisitDairi,com ini juga sekaligus dapat digunakan untuk bertransaksi dalam satu platform yang sama, karena didalamnya juga menawarkan paket perjalanan wisata, souvenir, kuliner, akomodasi dan transportasi.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan platform digital VisitDairi.com ini juga menjadi tempat penjualan berbagai produk-produk unggulan (artisan), hasil karya para pelaku UKM dan hasil karya pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Dairi. Menurutnya, ini menjadi salah satu upaya dari pemerintah daerah untuk membantu para pelaku UKM untuk bertahan dan berkembang di masa Pandemi saat ini. Termasuk membantu produk milik pelaku UKM dan membantu produk yang dihasilkan oleh pelaku industri ekonomi kreatif masuk ke pasar digital, baik di nasional dan juga pasar global.
"Platform digital ini menjadi tempat atau marketplacenya artisan Dairi menembus pasar," pungkas Bupati Eddy Berutu.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru