ABK Bintang Surya 88 yang Jatuh ke Laut di Perairan Belawan Ditemukan Meninggal

Editor: metrokampung.com
Jenazah ABK Bintang Surya 88 saat dievakuasi dari kapal nelayan.

Belawan, metrokampung.com
Anak Buah Kapal (ABK) Bintang Surya 88 yang jatuh ke laut, Selasa (9/3/21), saat melakukan aktivitasnya, akhirnya ditemukan tak bernyawa, Sabtu (13/3/21).
 
Keterangan yang diterima wartawan, Minggu ((14/3/21) menyebutkan, semula Kapal Negara (KN) 01 RB 203 milik Basarnas yang berpangkalan di Pelabuhan Belawan diberangkatkan menuju Perairan Pangkalan Susu bersama personil yang terdiri dari Anak Buah Kapal (ABK) RB 203, Rescuer Basarnas Medan, Polairud, TNI AL serta potensi SAR JSI guna melakukan pencarian terhadap seorang ABK KM Bintang Surya 88 yang hilang setelah terjatuh ke laut.
 
Setelah beberapa jam berlayar dan hampir mendekati Pelabuhan Pangkalan Susu, tim yang berada di Kapal SAR RB 203 mendapatkan info bahwa korban sudah ditemukan oleh nelayan yang mencari ikan, kemudian tim langsung berkoordinasi dengan pemilik kapal yang menemukan korban untuk dilakukan intercept atau penjemputan, dan pemindahan jasad korban
 
Hingga akhirnya, sekira pukul 21.00 WIB, jenazah korban berhasil dipindahkan dari kapal nelayan ke Kapal SAR RB 203, selanjutnya korban langsung dibawa menuju Pelabuhan Belawan.

Dikarenakan cuaca buruk dan gelombang tinggi, menyebabkan tim harus ekstra berhati-hati saat pelayaran menuju Pelabuhan Belawan, hingga akhirnya tim tiba di Pelabuhan Belawan sekira pukul 02.05 WIB, dan selanjutnya korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga yang sudah menunggu di pelabuhan.

Laporan yang diterima petugas siaga Kapal SAR RB 203 Belawan, adapun kronologis kejadian berawal, Selasa (9/3/21) sekira pukul 16.00 WIB, korban bersama ABK lainnya dari KM Bintang Surya 88 berangkat dari Gudang Horas Gabion Belawan guna mencari ikan.

Hingga akhirnya, mereka berada di sekitaran Perairan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Sebelum kejadian, korban bersama temannya sedang makan, lalu sekira pukul 23.55 WIB, korban yang hendak mengambil air minum berjalan dari lambung kapal.

Diduga korban terpeleset dan terjatuh ke laut. Mengetahui kejadian tersebut, dua orang rekan korban berusaha melompat ke laut untuk menyelamatkan korban, namun nahas korban langsung menghilang.

Beberapa hari dilakukan pencarian, korban tak kunjung ditemukan. Korban, Probo Suhendar Budianto (29) warga Jalan Selebes Titi Panjang Lingkungan 35 Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan, akhirnya ditemukan tak bernyawa.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini