Pengikut

SUMUT

NASIONAL


DPRD Medan Harapkan Wali Kota Tingkatkan SAKIP

Selasa, 23 Maret 2021 | 23.15 WIB
Kali Dibaca |



Medan, Metrokampung.com
Gerakan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM yang belum genap sebulan memimpin mendapat apresiasai dari DPRD Medan. Gebrakan yang dirasakan masyarakat itu antara lain perbaikan infrastruktur drainase maupun jalan serta pembenahan kawasan heritage Kesawan. Disamping itu diharapkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) meningkat.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Medan Hasyim SE didampingi Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, dan Rajudin Sagala, dalam rapat konsultasi yang berlangsung di Ruang Khusus Wali Kota Medan, Senin (22/3/2021).

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu, Wali Kota mengungkapkan terima kasih atas apresiasi yang disampaikan secara langsung ini. Dia mengatakan, dalam menjalankan program, Pemko Medan senantiasa membuka peluang untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak –  dan sudah tentu termasuk dengan DPRD Medan.

“Ke depan, komunikasi dan koordinasi antara eksekutif dan legislatif akan lebih kita tingkatkan untuk mempercepat terwujudnya visi, misi, dan program-program prioritas,” ucap Wali Kota yang dalam pertemuan itu didampingi Wakil Wali Kota, H Aulia Rachman SE, Asisten Adminisitrasi Umum, Renward Parapat, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Khairul Syahnan, Kepala Bappeda, Irwan Ritonga, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, T. Ahmad Sofyan.

Wali Kota juga mengharapkan masukan-masukan dari DPRD agar pelaksanaan program maupun pelayanan publik berjalan dengan baik.

“Ke depannya, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program, terutama lima program prioritas ini harus berjalan dengan baik. Apalagi memang lima program prioritas itu bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” ungkap Wali Kota.

Ketua DPRD Medan, Hasyim, menyampaikan harapan besar atas kepemimpinan Wali Kota Medan periode ini. Hasyim mengatakan, pada 2019 nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemko Medan berpredikat C. Selain itu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga selalu memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian atas laporan keuangan Pemko Medan.

“Kita ingin dan yakin, di bawah kepemimpinan Bapak Bobby, nilai SAKIP kita meningkat. Begitu juga dengan opini BPK hendaknya dapat menjadi Wajar Tanpa Pengecualian,” katanya.

Hasyim menyatakan, DPRD Medan akan mendukung Pemko Medan dalam mewujudkan perubahan Medan yang lebih baik ke depannya. DPRD pun siap bersinergis dengan eksekutif agar program-program prioritas berjalan dengan baik.

Pada saat itu, Hasyim juga mengatakan, DPRD Medan juga telah menargetkan, enam bulan setelah kepemimpinan Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai Wali Kota Medan, Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Medan 2021 -2026 akan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah.

“Selain itu, untuk menyahuti visi, misi, serta program prioritas Wali Kota Medan, juga akan dilakukan percepatan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021,” sebut Hasyim.

Dalam pertemuan itu beberapa persoalan lain juga dibicarakan, di antaranya soal penataan lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah agar tidak lagi mengganggu kenyamanan warga dan estetika kota. Turut pula dibicarakan pula tentang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang saat ini Pemko Medan tengah menjalin kolaborasi dengan Pemkab Deliserdang.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru