Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Gelar Apel Razia Gabungan Bersama Polri, TNI Dan BNNK

Editor: metrokampung.com
Janter Manurung komandan apel gabungan saat sampaikan laporannya.

Batu Bara, Metrokampung.com
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Labuhan Ruku gelar apel razia gabungan bersama Polri dan TNI serta BNNK, bertempat di halaman lembaga pemasyarakatan Desa Labuhan Ruku Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara, Selasa (06/04/2021) malam.

Kalapas Labuhan Ruku, Yan Rusmanto, Bc.IP S.Sos, M.Si kepada Metrokampung.Com mengatakan, razia dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021 sekaligus deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban.
“Ini kita lakukan sebagai bentuk sinergitas jajaran Pemasyarakatan dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam melaksanakan upaya pencegahan dan penanggulangan keamanan ketertiban pada unit pelayan terpadu pemasyarakatan,” ujarnya.


Dijelaskan, razia bagian dari deteksi dini Gangguan keamanan dan ketertiban serta memberikan pengetahuan kepada warga binaan pemasyarakatan khususnya dan umumnya kepada masyarakat bahwa Lembaga Pemasyarakatan tidak bekerja sendiri untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas.

Kegiatan juga bagian silaturahmi antar sesama aparat penegak hukum, TNI-Polri, BNNK dan ini juga deteksi keamanan menjelang Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba.

“Razia ini bukan saja kita yang melakukan, namun serentak Lapas/Rutan dengan berdasarkan Surat Edaran Dirjen PAS No. PAS.2-PK.02.10.02-143,” terang Kalapas.
Selain itu, lanjutkan Yan Rusmanto razia menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 tahun 2021 dan sinergitas jajaran Pemasyarakatan dengan aparat penegak hukum (APH) dalam Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban.
 
”Sinergitas yang sudah terjalin antara Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Koramil 04 Talawi, Koramil Tanjung Tiram, Polres Batu Bara dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Asahan, BNNK Batu Bara akan terus membaik. Kami berterima kasih atas dukungannya selama ini dan pada kegiatan kali ini Alhamdulilah berjalan aman dan tertib,” sebutnya.

Amatan Metrokampung.com razia dilakukan di belasan kamar tahanan warga binaan dalam rangka menciptakan situasi kondusif, razia berjalan aman dan penuh humanis terhadap tahanan. Razia dibagi menjadi lima tim yang melakukan pemeriksaan blok Akasia, Jamrud, Safir, Medium sertagiatan di pimpin langsung Kepala Lembaga P Blok Intan.

Perwakilan aparat penegak hukum (BNNK Asahan) Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Rohim, berterima kasih kepada Lapas Kelas II A Labuhan Ruku yang telah mengikutkan aparat penegak hukum terhadap Razia gabungan. Yang mana pemikiran pemikiran tentang Lapas itu banyak terdapat barang terlarang di dalamnya.



“Malam ini kita dibuktikan dengan tidak adanya barang barang terlarang seperti Handphone dan Narkoba. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus lanjut terlebih Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku merupakan Wilayah hukum BNNK Asahan, tentu sinegritas harus selalu ditingkatkan,” pintanya Rohim.

Pelaksanaan razia gabungan kali ini ditemukan didalam sel tahanan Napi beberapa alat makan alumunium serta stanles. Kegiatan berjalan dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

Turut hadir dalam apel gabungan ketua Tim satopspatnal (satuan operasional kepatuhan Internal ) Haris Damanik, Perwira Apel Siaga JB.Sinurat (MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini