Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Ditutup Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi pada Perangkat Daerah Kabupaten Deli Serdang

Senin, 30 Agustus 2021 | 10.21 WIB
Kali Dibaca |

Penutupan Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar.

Lb Pakam, metrokampung.com  
Executive Meeting SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) Terintegrasi Pada Perangkat Daerah dan Penutupan Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi, dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar yang didamping oleh Asisten II Putra jaya Manalu, Inspektur H Edwin Nasution bertempat di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Jum’at  (27/8/21).
 
Hadir juga pada acara tersebut Kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan) Perwakilan Sumatera Utara Kwinhatmaka, Tim Rendal BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan) Pusat, serta para Pimpinan OPD Kabupaten Deli Serdang dan Peserta Bimtek SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) Terintegrasi.
 
Bupati H Ashari Tambunan dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar menjelaskan bahwa, SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan yerhadap peraturan perundang-undangan.

“Tujuan tersebut tidak perlu dicapai secara khusus atau terpisah-pisah, dengan kata lain, Instansi Pemerintah harus merancang secara khusus pengendalian untuk mencapai satu tujuan. Suatu kebijakan atau prosedur dapat saja dikembangkan untuk dapat mencapai lebih dari satu tujuan pengendalian,”ucapnya.
 
Selesai mengikuti bimtek ini, diharapkan Bupati, terjadi perubahan pola pikir para peserta berupa pola pikir SPIP, yaitu kesadaran pentingnya membentuk lingkungan pengendalian yang baik dan pemetaan sekaligus analisis terhadap risiko. Komitmen dan integritas menjadi syarat utama terlaksananya SPIP erintegrasi. Tanpa kesungguhan itu, SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah)  hanya tinggal sebatas sosialisasi dan bimbingan teknis saja. Perlu dilakukan berbagai upaya, agar bisa ditegakkan agar aman bagi pimpinan dan bermanfaat bagi masyarakat.

 Implementasi dari bimtek SPIP terintegrasi, meliputi penerapan manajemen risiko Pemda, kapibilitas APIP dan indeks efektivitas pengendalian korupsi mampu memberikan pemahaman kepada pada para ASN Pemkab Deli Serdang tentang penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi dan setiap perangkat daerah, harus dapat melaksanakan penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan SPIP, sedangkan Inspektorat melakukan penjaminan kualitas, harap Wabup.

Sesuai dengan peraturan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi. Untuk menjadi perhatian bahwa target Pemerintah Kabupaten Deli Serdang tahun ini adalah Pencapaian Tingkat Maturitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) Level 3, karena saat ini level kita masih di 2+ (DUA PLUS),"ucap Wabup sebelum mengakhiri sambutannya.

 Sementara, Kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Perwakilan Sumatera Utara Kwinhatmaka menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dijadikan salah satu objek untuk menjadi tempat melakukan bimtek yang dimulai dari tanggal 23 Agustus 2021 kemarin.
 Ia juga menjelaskan, bahwa penyelenggaraan Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi ini dalam rangka mendukung organisasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan, dalam kaitannya pencapaian tujuan dari SPIP yaitu Efektivitas dan Efisiensi, Keandalan Pelaporan Keuangan, Pengamanan Aset Negara, dan Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-Undangan, diharapkan apabila Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ini dilaksanakan dan diselenggarakan dengan baik, tujuan itu pasti bisa tercapai.

“Ada tiga unsur hal yang dilihat yaitu kematangan SPIP itu ditopang dengan manajemen resiko indeks dan juga indeks efektivitas pengendalian korupsi serta diharapkan dengan mematuhi Maturitas SPIP pada level 3, mudah-mudahan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang bisa mencapai tujuan organisasi dengan baik,” ucapnya.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru