Mahasiswa Unimal Aceh Utara KKN MK di Desa Punden Rejo

Editor: metrokampung.com
Kades Punden Rejo bersama mahasiswa KKN-MK Kelompok 205 Universitas Malikussaleh.

Tanjung Morawa, metrokampung.com
Sebanyak 8 mahasiswa dari Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara melakukan Kuliah Kerja Nyata Membangun Kampung (KKN MK) di Desa Punden Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.
 
Kedatangan mahasiswa dari berbagai fakultas yang tergabung dalam kelompok 205 itu disambut oleh Kepala Desa Punden Rejo, Misno, Selasa (26/10/21) lalu.
 Rencananya, mereka akan berada di desa tersebut selama sebulan ke depan.
  
Ketua KKN MK, Bimo Arif mengatakan kegiatan mereka dipandu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Nuribadah SH, MH.
 
"Visi kita membantu masyarakat. Themanya, "Mengembangkan Potensi Desa dan Mewujudkan Generasi Sehat, Cerdas dan Berkualitas”. Thema ini diusung berdasarkan pengamatan terhadap kondisi desa yang sedang dihadapi saat ini,"jelas Bimo.
 
Ditambahkan Bimo, salah satu program kerja mereka mengadakan bimbingan belajar mengaji dan berhitung untuk anak-anak Desa Punden Rejo yang dilaksanakan rutin setiap harinya.    

"Program ini bertujuan membantu anak- anak mengenal dan memahami dasar- dasar Bahasa Arab yang belum mereka dapatkan di sekolah,"sebut Bimo via seluler, Jumat (29/10/21).
 
Bimo kemudian menyebut nama-nama peserta KKN MK di Punden Rejo. Mereka adalah Elliza Sabila (Ekonomi dan Bisnis), 
Siti Anisah (Pertanian)
Bimo Arif (Pertanian)
Agung Mindy Aulia (Pertanian)
Sefiana (Ilmu Sosial dan Politik)
Salsa Fadilla (Ilmu Sosial dan Politik), Efriza Amru dan
Urfan Wahyan Wahid Fakultas Teknik.
 Sementara Kades Punden Rejo, 
Misno kepada tamunya mahasiswa Unimal, Perguruan Tinggi Negeri asal Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Aceh tersebut menceritakan banyak hal tentang desanya mulai sejarah hingga perkembangannya hingga saat ini. 
 
"Desa Punden Rejo memiliki objek wisata unggulan. Dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumbes). Agrowisata Pure, namanya. Menyuguhkan hamparan padi hijau yang luas dan dapat memanjakan mata siapapun yang melihatnya,"jelas kades.
 
Objek wisata ini, sambung Misno, baru berdiri kurang lebih setahun.  Tidak lama setelah dibuka,  pandemi covid 19 melanda.   
"Sehingga objek wisata ini mengalami penurunan pengunjung,"tutur Misno, penggagas terbentuknya objek wisata pure.
 
"Kita berharap mahasiswa KKN membantu memperkenalkan dan memberikan saran serta ide-ide yang membangun wisata pure ini. Sehingga nantinya wisata milik Bumbes Punden Rejo akan lebih dikenal oleh masyarakat luas," harap Misno seraya berharap kegiatan kelompok 205 Universitas Malikussaleh ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Punden Rejo.
 
Masih kata Kades Misno, wisata Punden Rejo yang berada di Dusun I terinspirasi dari Pujon Kidul, yang ada di Jawa Timur.
 
"Kala itu para kepala desa se-Kabupaten Deli Serdang melakukan studi banding ke Pujon Kidul, Jawa Timur,"tutupnya.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini