Kapolres Langkat Siap Bantu Agar UKW Bisa Digelar di Langkat

Editor: metrokampung.com
Sambutan Ketua : Ketua Pokja, Budi Zulkifli, DH saat menyampaikan sambutannya.

Langkat, Metrokampung.com
Masih dari acara pengukuhan pengurus Pokja (Kelompok Kerja) Pewarta Polres Langkat yang digelar di Lapangan Futsal Bharadaksa, Mapolres Langkat, Kamis (13/1/2021) yang lalu, Ketua Pokja Budi Zulkifli, SH dalam sambutannya mengatakan seluruh pengurus dan anggota harus menjaga Marwah PWI, karena seluruh pengurus dan anggota Pokja adalah pengurus dan anggota PWI Langkat.
     
Lalu, seluruh pengurus dan anggota Pokja harus menjaga Marwah Polres Langkat, karena seluruh pengurus dan anggota Pokja adalah mitra Polres Langkat.

Beri Santunan : Kapolres Langkat saat memberikan santunan kepada anak yatim, didampingi Ketua PWI Langkat.

"Jadi, sebagai mitra ayo tunjukkan bahwa kita adalah mitra yang baik. Apalagi kita adalah wartawan yang sudah berkompeten, karena sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW)," ujarnya. 
     
Karena itu, dia pun mengingatkan, kalau ada berita miring, ya dikonfirmasi terlebih dulu, sehingga tidak melanggar Kode Etik dan UUP Pers.

Sambutan itu pun  langsung ditanggapi oleh Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok, SIk, SH. Dalam sambutannya Danu mengucapkan terima kasih, karena seluruh pengurus dan anggota Pokja sudah menunjukkan semangat yang tinggi dan luar biasa.

Karena itu, dia pun  berharap agar melalui Pokja ini sinergitas antara Kepolisian dan Jurnalis di Langkat bisa terus dijalin dan ditingkatkan, sehingga dapat mengcover para juruwarta nakal, yang tidak memiliki media dan belum UKW, namun kerap mengaku sebagai wartawan ' yang asli' dan sudah berkompeten. 
     
" Ya, sampai bingung sendiri kami, karena tidak bisa membedakan mana wartawan 'yang asli' dan mana wartawan yang tidak asli," ujarnya.
     
Karena itu, pria kelahiran Pati, Jawa Tengah itu pun mengaku  mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar di Kabupaten Langkat sebagai langkah untuk peningkatan kompetensi bagi para wartawan yang bertugas di wilayah hukum Polres Langkat.
     
"Karena itu, insya Allah akan kita laksanakan UKW sebagai wujud kerjasama Polres dan PWI Langkat serta pihak- pihak terkait lainnya" sebutnya.

Sementara itu, Ketua PWI Langkat, M. Darwis Sinulingga menegaskan, seluruh wartawan yang tergabung didalam Pokja memang merupakan wartawan pilihan dari PWI Langkat yang sudah memiliki kompetensi.
     
"Karena itu, saya pastikan anggota Pokja berkompeten dan mengerti rambu- rambu dan  kode etik jurnalistik dalam pemberitaan, termasuk paham soal aturan pemberitaan ramah anak. Ini penting untuk saya sampaikan, karena sekarang anak benar- benar dilindungi, sehingga tidak boleh sembarangan dituliskan dalam pemberitaan," ungkapnya. 
     
Lebih lanjut, dia juga menjelaskan, Pokja di Polres Langkat sudah ada sejak lama. Dulunya bernama Wartawan Unit Polres Langkat, namun sempat terhenti dan dengan berjalannya waktu sekarang diaktifkan kembali.  (Sr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini