Pesta Mendegger Uruk Marga Banurea, Ini Pesan Wakil Bupati Pakpak Bharat

Editor: metrokampung.com

Pakapak Bharat, metrokampung.com
Pesta Mendegger Uruk yang digelar Oleh Parga Banurea seduni sukses dilaksanakan di Lapangan Bale Kasean Banurea, Salak (18/06/2022). Pesta Budaya yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus besar Lembaga Sulang Silima Marga Banurea Sedunia ini dihadiri ribuan tokoh dan masyarakat marga Banurea dari seluruh penjuru dunia.

Sementara itu Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd yang hadir mewakili Bupati dalam acara ini meninggalkan beberapa pesan diantaranya betapa pentingnya kesatuan dan persatuan dalam mencapai suatu tujuan. bahwa terlaksananya  acara  mendegger uruk marga Banurea ini, dimana seluruh marga banurea sedunia dapat berkumpul dan melaksanakan doa bersama, bersilaturahim dan saling menyapa, berjikarah dan mengembangkan gagasan-gasan kehidupan bersama agar semakin sejahtera dan nduma, ini adalah berkat kuatnya rasa persatuan dan kesatuan diantara seluruh komponen marga Banurea.

Mari kita terus menjaga persatuan ini, niscaya seluruh permasalahan kehidupan, baik kehidupan berbangsa dan bernegara, bermasyarakat, berusaha, dan berbudaya dapat dirunggukan, dicari jalan penyelesaiannya, dengan cara seksama, dan beradab demi kehidupan masyarakat, terutama masyarakat pakpak sebagai entitass di mana marga banurea berada, pesan Mutsyuhito Solin dalam sambutannya.
Mutsyuhito Solin juga berpesan agar seluruh masyarakat Pakpak khususnya Marga Banurea dimanapun berada, untuk selalu menjaga dan melestarikan adat dan budaya Pakpak sebagai warisan leluhur yang sudah mengisi berbagai sendi kehidupan masyarakat Pakpak diantaranya pelaksanaan Pesta Mendegger Uruk yang saat ini sedang dilaksanakan.

secara budaya kegiatan mendegger uruk ini harus tetap kita  lestarikan karena hal ini merupakan salah satu warisan budaya dari pendahulu kita yang mengandung makna untuk mempererat persatuan di antara semarga, dalam hal ini marga banurea dan marga-marga lain disekitarnya. Makna lainnya kita diajak untuk menyatukan tekad serta memanjatkan doa bersama kepada sang khalik untuk mendapat perlindungan dan penyertaan dari sang khalik dalam menjalani kehidupan keseharian kita di dunia ini, Ucap Mutsyuhito Solin kemudian.

Sebagai bagian dari warga Pakpak saya sangat bangga atas pelaksanaan acara mendegger uruk ini, mari kita jadikan ini sebagai motivasi serta ajakan untuk marga-marga lainnya untuk melaksanakan pesta mendegger uruk, ucap dia kemudian.
Acara mendegger Uruk Marga Banurea ini dirangkailan dengan Pelantikan Pengurus Besar Lembaga Sulang Silima Marga Banurea Sedunia untuk periode lima than kedepan.

Saya sampaikan selamat kepada seluruhnya saudaraku Marga Banurea yang hari ini sukses dalam melaksanakan acara adat budaya ini, selamat kepada seluruh pengurus Lembaga Sulang Silima Marga Banurea Sedunia yang juga dikukuhkan hari ini, semoga atas petunjuk dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa saudara-saudara semua dapat menjalankan tugas dalam membesarkan marga banurea ini, menjaga eksistensi merga banurea dalam berbagai sisi kemasyarakatan, social dan budaya, ucap Mutsyuhito Solin diakhir sambutannya.(vikram/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini