Baru Selesai Dibangun, Lantai Saluran Irigasi di Nagori Negeri Dolok Terkelupas

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Baru beberapa hari selesai dibangun, beberapa meter lantai bangunan saluran irigasi yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I 2023, Rp 91.861.050 di Nagori (Desa) Negeri Dolok, Kecamatan Dolokpanribuan, Simalungun sudah terkelupas.

"Puluhan meter lantai saluran irigasi terkelupas hanya karena dialiri air dan diduga bangunan tersebut kurang perencanaan dan juga tidak sesuai dengan Rencana Aggaran Belanja (RAB)," ujar warga setempat Marga Sidabutar, Senin (30/5).
Sidabutar berharap Pemerintah Desa Negeri Dolok memperbaiki lantai saluran yang terkelupas tersebut agar bangunan dapat bertahan lama.

"Kita meminta lantai bangunan diperbaiki agar batu pondasi tidak hanyut terbawa arus air dan bangunan bertahan lama," ujarnya.

Pejabat (Pj) Kepala Desa Negeri Dolok, J Siburian ketika dikonfirmasi mengakui, beberapa meter lantai bangunan saluran irigasi di Dusun III Ladang Jambu di desa binaannya baru dibangun beberapa hari terakhir, namun telah terkelupas akibat tergerus arus air hujan di saat proses pengerjaan.

Dikatakan Siburian, panjang bangunan saluran irigasi 93 meter dengan tinggi sekitar 1  meter bersumber dari DD tahap I tahun 2023 Rp 91.861.050 yang berfungsi untuk mengairi beberapa daerah persawahan sekitar saluran.

"Kita akan memperbaiki lantai saluran irigasi itu dan menghentikan aliran air sementara agar lantai bangunan dapat dikerjakan," katanya.(ss/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini