DPRD Langkat Gelar Paripurna Peringati Hari Jadi Ke-274

Editor: metrokampung.com

Langkat, Metrokampung.con
DPRD Kabupaten Langkat gelar rapat paripurna memperingati Hari Jadi Kabupaten Langkat ke-274 dengan mengusung tema : “Melangkah Bersama Mewujudkan Langkat Sejahtera dan Berbudaya,” Rabu (17/1/2024).
       
Dipimpin Ketua DPRD Langkat, Sribana Perangin- Angin, rapat paripurna Hari Jadi Kabupaten Langkat itu  diperingati sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor : 11 Tahun 1995, sebagai  momentum dari acara puncak peringatan sejarah lahirnya Kabupaten Langkat. Acara itu tampak meriah dengan dihadiri Pj. Gubernur Sumatera Utara,  Staf Ahli Gubsu Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH,  Forkopimda Langkat, anggota DPR RI Delia Pratiwi dan Prof. Djohar Arifin Husin, Wakil Walikota Binjai, Sultan Langkat, Tuan Guru Babussalam, Sekdakab Langkat, Kepala SKPD, Anggota DPRK Aceh Tengah, Dansat TNI/Polri, para tokoh adat, agama, pemuda dan masyarakat serta para tamu dan undangan lainnya yang memadati gedung DPRD Langkat. 

Dengan ucapan tabek, salam pembuka adat melayu dan dua bait pantun yang diucapkan Ketua DPRD Langkat, sebagai kata pembuka rapat paripurna, Sribana menyampaikanj bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Langkat itu sebagai momen merefleksikan perkembangan Kabupaten Langkat dari masa ke masa. 
       
Karena itu, Sribana pun  mengucapkan terima kasih kepada para pelaku sejarah yang telah mengabdikan diri untuk tanah melayu, negeri betuah Kabupaten Langkat. Selanjutnya, dalam paripurna ini secara singkat Sekda Langkat, Amril, menjelaskan bahwa penetapan Hari Jadi Kabupaten Langkat berdasarkan tinjauan dari aspek pemerintahannya, bukan dari aspek munculnya komunitas orang yang pertama di Langkat, yang mana sistem pemerintahan diawali oleh sistem Kerajaan Langkat yang didirikan oleh Raja Kahar di Kampung Inai pada tanggal 17 Januari 1750 yang lalu.
       
Sedangkan Plt. Bupati Langkat H. Syah Afandin dalam amanatnya mengajak 14 etnis yang ada di Kabupaten Langkat, yakni etnis Melayu, Karo, Jawa, Mandailing, Banjar, Batak Toba, Aceh, minang, Banten, Dairi, Simalungun, Bali, Thionghoa dan Nias dengan berbagai adat dan budayanya agar dapat menjadi pemersatu dan saling mendukung demi memajukan Langkat yang bertuah dan  religius.
       
Lebih lanjut, dia juga meminta dukungan Pemprovsu untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Langkat dengan lebih perhatian dan pembenahan terhadap akses infrastruktur jalan. Nah, harapan itu pun langsung dijawab, karena pidato Pj. Gubsu yang dibacakan Staf Ahli Gubsu, Ir   Suherman, menyampaikan bahwa Kabupaten Langkat menjadi salah satu prioritas pembangunan infrastruktur jalan menggunakan dana APBD Provinsi Sumatera Utara, dimana Langkat menjadi urutan nomor dua se Sumatera Utara dengan panjang jalan yang akan dibangun sejauh 40,29 kilometer.
       
Dalam kesempatan itu, Pj. Gubsu pun tak lupa menghimbau kepada semua elemen masyarakat daerah agar memberikan dukungan dan partisipasi menjaga kekondusifan serta ketertiban untuk kesuksesan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 dan pada bulan November 2024.
       
Menutup rapat paripurna, Ketua DPRD Langkat Sribana Perangin Angin mengucapkan terima kasih kepada semua tamu dan undangan yang telah berkenan hadir demi memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Langkat ke-274 dengan mengumandangkan dua bait pantun  sembari mengucapkan “dirgahayu Langkat ke-274 tahun 2024, semoga Langkat semakin maju dan jaya.”  (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini