Musrenbang Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Bupati Poltak: Prioritaskan Insfrastruktur Pertanian dan Pariwisata

Editor: metrokampung.com

Balige, metrokampung.com
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba Sabaruddin Tambunan, Amd di-dampingi Boy Antoni Simanguncong, SE asal daerah pemilihan (Dapil) I Balige, akan mendorong hasil yang diusulkan Kecamatan dalam musrenbang tahun 2025.

Musrenbang yang terakhir saya hadiri untuk tahun anggaran 2025, ada dua sumber yang kita usahakan, usulan dari desa hingga kecamatan untuk di-prioritaskan di-tingkat musrembang Kabupaten.

"Hal ini untuk ditampung dalam RKPD nantinya. Kepada Bupati agar prioritaskan dua jalur ini sebagai pokok pikiran, itulah salah satu jalur yang akan kita gunakan sebagai aspirasi kepada masyarakat saat ini.

Sabaruddi Tambunan, Amd dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa mengatakan, dirinya telah mengikuti musrenbang Kecamatan Balige yang berlokasi di Gedung Serbaguna Balige ini.

"Atas usulan dari Kecamatan kami sepakat, dan akan terus mendorong hasil Musrenbang tersebut, agar nantinya bisa direalisasikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Toba sesuai dengan skala prioritas yang ada," ujar Sabaruddin Tambunan pada Rabu (31/1/2024)
Diungkapkannya, kegiatan musrenbang ini merupakan serangkaian dari seluruh kegiatan musrenbang yang dilaksanakan berurutan tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Toba, yang dihadiri langsung oleh Pemangku Kepentingan di daerah.

Menurutnya, musrenbang ini bertujuan untuk merencanakan arah pembangunan di Kabupaten Toba untuk tahun 2025 mendatang. Sehingga, musrenbang ini merupakan agenda yang sangat penting dan sebagai perwakilan dari masyarakat, tentunya anggota DPRD akan terus mendorong berbagai usulan dalam musrenbang.

"Kami dari DPRD Toba ikut serta mendampingi seluruh kegiatan ini sesuai dengan dapil masing-masing, dengan tujuan mensinergikan peran eksekutif dan legistatif dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Toba," katanya.

Ia menambahkan, jika dirinya siap untuk mengakomodir usulan musrenbang yang di-masukkan dalam RKPD tahun anggaran 2025 masuk dalam program pemerintah, dan masukan dalam pokok-pokok pikiran di Legislatif.

"Semua ini muaranya adalah untuk mendukung kemajuan pembangunan, dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah di Kabupaten Toba," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus pada arahan dan bimbingannya, rekan-rekan saya Anggota DPRD Toba Pak Sabaruddin Tambunan dan juga Bapak Boy Antoni Simanguncong, singkat saja, "kita berusaha untuk merealisasi usulan musrenbang, perlu kita syukuri tahun 2023 Kabupaten Toba merupakan index tertinggi pada capaian pembangunan, saya telah jalani 40 Desa tahun ini, tingkat kemiskinan kita juga telah menurun sebesar 44,5%. 

"Target insfrastruktur 2023 lalu, 39 milyar untuk kecamatan Balige, akan terus kita perbaiki, kita juga akan prioritaskan pertanian, tanam dua kali, panen dua kali, kepada bapak Sabaruddin kita akan naikkan capaian pertanian padi 200.000 ton dikali 6000  akan meraih 1,2 trilyun Rupiah.

Penghasilan Jagung kita juga naik di atas rata rata, sebagai zona produksi kopi berkualitas tinggi, seperti di daerah Sibisa Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, beragam jenis varian kopi tumbuh subur di sekitar Danau Toba yang sesuai dengan perkembangan di Kabupaten Toba merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di Sumatera Utara, yang sudah mengekspor kopi, saya minta nanti Kadis pertanian untuk menggalakkan pertanian kopi, harus ditingkatkan itu, setuju". 

Kemudian sektor Pariwisata juga harus kita kembangkan, menurut Poltak, bahwa dari jumlah target pendapatan pada tahun 2023 lalu meningkat. Ia menambahkan di tengah semakin bangkitnya sektor kepariwisataan Toba, pihaknya akan terus berupaya menggenjot capaian PAD. Hal ini dapat terwujud dengan membutuhkan sinergitas dengan berbagai pihak. Salahsatunya dengan para pengelola spot-spot wisata di Toba.

Poltak juga mangajak masyarakat Toba memberikan atensi menyukseskan Aquabike World Championship yang akan digelar di Balige, Kabupaten Toba pada tahun 2024 ini.
Hadir pada kesempatan itu, Camat Balige, Kapolsek Balige, Danramil Balige, PLT Kadis PU-TR Kabupaten Toba Sofian Sitorus, ST, Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu Mpd, Sekretaris Bappeda Drs Jonson Sirait, APDESI Kec,Balige, dan sejumlah tokoh masyarakat serta undangan lainya.(e/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini