GenBI Komisariat Unimed Sambangi Wisata Kuliner Pasar Kamu

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
GenBI (Generasi Baru Indonesia) Komisariat Unimed(Universitas Negeri Medan), Minggu(4/2/2024) sambangi Wisata kuliner Pasar Kamu Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.

Generasi Baru Indonesia atau GenBI merupakan  komunitas yang terdiri dari mahasiswa/I penerima beasiswa Bank Indonesia yang berada di bawah naungan Bank Indonesia ini hadir di pimpin Kordinator Ella Humaira.

"Kordinator GenBI Komisariat Unimed Ella Humaira menuturkan , kedatangan kami kesini ingin melihat langsung dan sarapan pagi di Pasar kamu yang tengah viral," katanya.

Awalnya sebelum ke Pasar kamu ini kami datang ke Desa Denai lama dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja GenBI yaitu pengabdian masyarakat.

 Adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang kami lakukan selama berada di Desa Denai lama adalah :
Kerja bakti, Sosialisasi digital marketing Sosialisasi QRIS , Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah, Pembuatan sabun dari buah lerak, Senam sehat, Membersihkan musholla, Pembuatan apotik hidup di kantor desa,  Belajar bersama, perlombaan anak-anak, pembuatan pojok karya di madrasah dan Kegiatan ditutup dengan berkunjung ke wisata kuliner Pasar Kamu, ujarnya.

Pengabdian masyarakat yang kami namakan "Bina Desa", kami laksanakan selama 4 hari 3 malam di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu. 

 Mahasiswa GenBI Unimed yang mengikuti Bina Desa kali ini berjumlah 32 orang, katanya. 

Tambah Ella Humaira Harapan kami untuk pengelola Pasar Kamu adalah semoga Pasar Kamu mampu mempertahankan dan mempromosikan budaya di Desa Denai Lama. 

Kami juga berharap ketersediaannya untuk lahan parkir khususnya untuk mobil, agar mengurangi kemacetan jalan menuju Pasar Kamu. 

Selain itu, kami juga mempunyai saran terkait alat pembayaran di Pasar Kamu yaitu sistem tukar tempu yang sudah dibeli, ketika dikembalikan jangan menggunakan harga normal ,tetapi harga nya lebih dimurahkan. 

"Contoh , jika membeli 1 tempuh = 2 ribu rupiah, maka ketika tempuh akan dikembalikan harga 1 tempu berubah menjadi seribu rupiah," terangnya.

Tujuan dari perubahan sistem pembayaran ini agar mindset masyarakat lebih memanfaatkan tempu yang sudah di beli dengan menghabiskan tempu yang dimiliki kepada pedagang daripada harus menukarkan tempu nya kembali, tukas nya.

"Sekali lagi kami mengucapkan selamat sukses kepada pasar kamu," tutupnya.

Pengelola Pasar Kamu H.Dedi Sopyan Mengucapkan terima kasih kepada GenBI Unimed yang telah hadir di Pasar kamu.

"Kami juga berterima kasih atas saran dan masukan yang di berikan GenBI demi kemajuan Pasar Kamu," kata Dedi Sopyan.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini