Menakar Popularitas dan Elektabilitas Calon Bupati Toba 2024-2029

Editor: metrokampung.com

Toba, metrokampung.com
Pemilihan Presiden Republik Indonesia 2024 masih hangat di perbincangkan, kini bangsa ini kembali akan dihadapkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Baik itu pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia bahkan tahapan pilkada tersebut sudah dilaunching oleh KPU RI beberapa hari yang lalu. Artinya secara tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2024 sudah dimulai.

Tentu saja dengan waktu yang singkat dan beririsan tahapannya dengan pemilu 2024, dinamika dan dialektika pilkada di Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia sudah mulai menghangat, tak terkecuali di Kabupaten Toba salah satu kabupaten yang di juluki Jona destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

Kontestasi Pilkada serentak tahun 2024 akan dilaksanakan pada 27 November mendatang, menariknya Pilkada serentak ini dilaksanakan tidak jauh setelah pelaksanaan Pileg tahun 2024 dihelat, sehingga tolok ukur elektoral dari masing masing calon bisa terukur dari raihan suara pada legislatif Kabupaten Toba.

Berikut beberapa nama yang masuk pada bursa calon Bupati yang ikut berkontestasi pada pemilu 2024 Kabupaten Toba.
1.Tonni Simanjuntak
2.Thurman Hutapea
3.Efendi Napitupulu
4.Poltak Sitorus
Untuk di ketahui, raihan suara saat kontestasi Pileg 2024 lalu, setidaknya bisa dijadikan barometer oleh Partai Politik dalam menentukan tingkat popularitas dan elektabilitas calon untuk kemudian menjadi pertimbangan dari Partai Politik dalam mengusung calon yang akan melenggang pada arena pertarungan memperebutkan kursi kepemimpinan pada daerah destinasi pariwisata super prioritas ini.

Tentu saja masih terlalu dini untuk bisa menyimpulkan siapa saja yang secara pasti akan “bertarung” pada Pilkada di Kabupaten Toba itu. 

Selain masih banyak tahapan untuk ditempuh oleh siapapun yang akan menjadi calon Bupati maupun Wakil Bupati di Kabupaten toba. Oleh karena itu yang paling bisa dianalisa dan dieksplorasi adalah potensi dan peluang nama-nama di atas untuk melenggang sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba pada Pilkada 2024 mendatang."

Sementara Pengamat Politik dan Pilkada Kabupaten Toba Manuala Tampubolon, SH dalam siaran tertulisnya menguraikan, jika
elektabilitas para kandidat bupati toba di Pilkada 2024 sebagai berikut:

"Tonny Simanjuntak" kader PDIP yang saat ini menjabat sebagai wakil Bupati Toba. Sebelumnya, dia adalah Wakil Ketua DPRD Toba satu periode.

"Thurman Hutapea" mantan pensiunan departemen  kehakiman ini digadang-gadang maju sebagai cabub di Pilkada Toba 2024. Manuala menjelaskan, satu-satunya kandidat yang potensial menjadi calon Bupati Toba, yang merupakan putra terbaik Toba pada kementerian hukum dan hak azasi manusia kemenhumkam yang saat ini telah pensiun. 

"Poltak Sitorus" selaku Bupati Toba (Incumben) yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan namanya sedikit anjlok usai perhelatan even F1H2O dan Aqua Bike yang menyebut namanya gagal dalam mempertahankan even itu hingga disebut-sebut berpindah ke Kabupaten Samosir.

"Meski demikian kata Manuala, namanya masih memiliki elektabilitas mumpuni karena masih menjabat sebagai Bupati Toba saat ini, sehingga turut menjadi perbincangan.
 
"Efendi Napitupulu" merupakan Ketua DPRD Kabupaten Toba yang juga ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Golkar Kabupaten Toba. Jika di amati dengan segala potensi tentu sebagai kader memang siap dengan segala dorongan dan juga keputusan yang akan nantinya tentu keputusan yang membuat adalah DPP," kata Manuala Jumat (19/4/2024).

"Apalagi santer wacana Sabaruddin Tambunan selaku anggota DPRD Kabupaten Toba yang juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Toba akan di sandingkan menjadi (Efendi - Sabar) Toba Maju".

Untuk di ketahui, masa pendaftaran Pilkada 2024 akan dibuka pada 27 Agustus. Pemungutan suara dilaksanakan pada November 2024. (e/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini