PARIWISATA

NASIONAL

Bupati Buka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Deliserdang

Rabu, 31 Oktober 2018 | 15.38 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam - metrokampung. com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan membuka Bursa Inovasi Desa Kabupaten Deli Serdang, Selasa (30/10) di Gedung Balairung yang ditandai dengan pemukulan Gong.

Acara yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Deli Serdang ini dihadiri seluruh Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LKMD, Tim Pengelola Inovasi Desa, Tenaga Ahli, Pendamping Desa se Kabupaten Deli Serdang, juga dihadiri Staf Khusus Kementerian Desa Dita Indah Sari, Kepala Dinas PMD Sumut Aspan Sofian, Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari, Unsur FKPD Deli Serdang, para Asisten, Pimpinan OPD dan Camat se Deli Serdang.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada kesempatan itu mengatakan bahwa Desa memiliki faktor kekuatan yang positif, karena memiliki sumber daya alam yang dapat dikelola melalui pemanfaatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia serta dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat. Kesemuanya ini, tentunya hanya dapat diwujudkan melalui perencanaan yang baik, program yang terorganisir berkesinambungan dan akuntabel.


Kepala Daerah juga menyampaikan bahwa Kehadiran Bursa Inovasi Desa ini sebagai wadah atau forum penyebaran dan pertukaran informasi agar merangsang munculnya inisiatif yang akan melahirkan berbagai Inovasi di Desa.

“Kehadiran Bursa Inovasi Desa sebagai wadah atau forum penyebaran dan pertukaran informasi, dirasakan selama ini mampu merangsang munculnya inisiatif yang melahirkan berbagai inovasi, yang selanjutnya dituangkan dalam praktek penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan diDesa”, ujar Bupati Ashari Tambunan.

Untuk itu, “lanjutnya” guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan pembangunan di desa, maka diperlukan langkah-langkah nyata, salah satunya adalah dengan pola inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan - kegiatan lainnya melalui penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa seperti yang kita laksanakan pada hari ini.

Staf Khusus Kementerian Desa Dita Indah Sari pada acara itu mengatakan bahwa prioritas Dana Desa 2018 adalah pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia serta merasa bangga kepada Desa-Desa di Deli Serdang karena penyerapan anggarannya bagus.


“Prioritas Dana Desa 2018 adalah pembangunan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia, untuk pembangunan SDM diprioritaskan ke Ibu-ibu dan perempuan, dan Kabupaten Deli Serdang ini ternyata penyerapan anggaran Desanya Top, tidak pernah ada warna kuning ataupun merah”, ujar Dita Indah Sari.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Deli Serdang H Citra Effendi Capah menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi Perdesaan serta membangun kapasitas Desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan social ekonomi Masyarakat dan kemandirian Desa.

Capah juga menambahkan bahwa menu bursa yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini yakni Bidang Kewirausahaan dan pengembangan ekonomi local, Bidang SDM dan Bidang Infrastruktur.

Dalam acara ini juga ditampilkan pemutaran video gambaran Burasa  Inovasi Desa di Kabupaten Deli Serdang yankni pemutaran Vidio Inovasi Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam, serta peninjauan Stand kegiatan Bursa Inovasi Desa yang ada di Kabupaten Deli Serdang.(dra/mk/red)


Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru