Pemkab Labuhanbatu Gelar Kegiatan Gebyar Paud 2018

Editor: metrokampung.com
Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT ketika menyambangi dan memberikan motivasi kepada seorang anak yang mengikuti lomba melukis.

Labuhanbatu - Metrokampung.com 
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar kegiatan gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) 2018, Kamis (29/11) di Aula Gedung Asrama Haji, Kelurahan Ujung Bandar, Rantauprapat.

Kegiatan tersebut, diikuti sekitar 2.500 anak-anak yang berasal dari lembaga Paud se-Labuhanbatu.

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dalam sambutanya mengatakan, gebyar paud adalah kegiatan yang sangat positif dalam proses pembelajaran anak usia dini.

Menurutnya, hal ini adalah bentuk apresiasi Pemkab kepada anak-anak yang memiliki kemampuan dan keberanian, juga apresiasi kepada lembaga Paud yang telah berusaha untuk meningkatkan pelayanan terhadap anak didiknya.

"Saya yakin, anak-anak inilah nantinya generasi penerus di Kabupaten Labuhanbatu, tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak pintar. Hari ini, kita dituntut untuk terus meningkatkan pendidikan di daerah kita, saya ingin di setiap Desa, ada lembaga Paud nya, sehingga pendidikan anak usia dini dapat merata di semua Desa," ujar Andi.

Lebih lanjut, Andi Suhaimi mengajak para Kepala Desa/Lurah, dan Camat yang didampingi bunda Paud untuk mengembangkan layanan pendidikan yang memadai dan menyeluruh bagi warganya sejak usia dini.

"Selanjutnya untuk pengembangan Paud dapat menggunakan dana Desa, karena telah dijamin secara hukum, penggunaan dana Desa juga diprioritaskan untuk pendidikan yang ada di Desa," tuturnya.

Bunda Paud Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi mengungkapkan, pendidikan merupakan proses yang sangat panjang, lama dan berkelanjutan.

Menurutnya Rosmaidar, pendidikan membutuhkan keterlibatan semua elemen masyarakat. Untuk itu, dia mengajak berbagai elemen untuk bersama-sama mendukung dan membangun kepedulian terhadap Paud.

"Saya selaku bunda Paud berharap kiranya Bapak Bupati dapat meningkatkan kesejahteraan para penyelenggara dan pendidik Paud, selain itu juga diharapkan adanya peningkatan fasilitas sarana pembelajaran baik untuk di luar maupun di dalam ruangan, tentunya semua itu harus sesuai dengan kemampuan Daerah dalam pendanaanya dan harus sesuai dengn mekanisme perundanga-undangan dan peraturan yang berlaku," kata Rosmanidar.

Dengan adanya kegiatan lomba Paud dan lembaga Paud kata Rosmaidar, diharapkan adanya peningkatan kualitas pelayanan terhadap anak usia dini, peran Bapak/Ibu pendidik sangatlah penting.

"Tanpa mereka, pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat dalam mendidik anak usia dini akan banyak mengalami kendala karena keterbatasan Pemerintah," sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhambatu Nur Eko Setyawati SPd selaku panitia menjelaskan, kegiatan gebyar Paud bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada peserta didik dan lembaga Paud yang terus berinovasi dan meningkatkan kelembagaannya, serta untuk menyalurkan bakat anak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

"Adapun para peserta lomba berasal dari lembaga Paud se-Kabupaten Labuhanbatu yang berjumlah sebanyak 2.500 anak, antusias para orang tua dan lembaga Paud setiap tahunya semakin meningkat, kami mohon perhatian kita bersama untuk terus meningkatkan lembaga-lembaga Paud, terlebih lagi di daerah terpencil Labuhanbatu," jelas Setyawati.

Anak-anak tersebut sangat antusias mengikuti lomba fasion show, lari, baris-berbaris, mewarnai, tari persembahan, senam maumere, menyanyi solo dan puisi yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Labuhanbatu. (AL/mk/red)

Share:
Komentar


Berita Terkini