Pemkab Labuhanbatu Gelar Pelatihan Jurnalistik, Plt Bupati Minta Wartawan Sebagai Corong Pembangunan

Editor: metrokampung.com
Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT saat menjabat tangan salahseorang peserta usai acara Pelatihan Jurnalistik di Hari pertama.
Labuhanbatu - Metrokampung.com 
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT minta wartawan jadi corong pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

Hal itu, disampaikannya pada acara pembukaan pelatihan jurnalistik yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu, di Ballroom Hotel Permata Land Rantauprapat, Selasa (6/11) pagi.

Andi Suhaimi mengatakan, pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam pembuatan berita, serta menambah pengetahuan dan keterampilan guna menghasilkan para wartawan yang lebih profesional di Kabupaten Labuhanbatu.

"Pada tahun 2019 ada momen yang harus kita jaga, yakni momen tahun politik, disitulah kita memerlukan fungsi para wartawan, untuk dapat menseleksi informasi yang baik, agar tidak terjadi pemberitaan-pemberitaan yang berisi tentang hoax," kata Andi.

Andi berharap, kedepannya seluruh  wartawan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu dapat memiliki sertifikat dari Dewan Pers melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW), sehingga dapat menjaga harkat dan martabat kewartawanan, dan menghindarkan menyalahgunakan profesi wartawan.

"Jadikan pemberitaan kedepan, pemberitaan yang membangun, kita semua punya cita-cita yang sama untuk mensejahterakan masyarakat. Sinkronisasi Pemkab dan wartawan, juga harus semakin ditingkatkan. Harapan saya, para wartawan dapat memberikan informasi bagi daerah luar tentang keberhasilan di Kabupaten Labuhanbatu," Ujar Andi.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara H. Hermansyah SE dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa pelatihan Jurnalistik di Labuhanbatu sangat pantas untuk diapresiasi, karena melibatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab, guna memberikan pengetahuan tentang peran jurnalistik.

"PWI Labuhanbatu sebagai penerima penghargaan pada Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017 di Sumatera Barat, semoga dengan adanya pelatihan-pelatihan tentang jurnalistik dapat menghasilkan wartawan-wartawan yang profesional untuk meraih penghargaan di tahun-tahun yang akan datang," Ujar Hermansyah.

Hermansyah juga menjelaskan, wartawan adalah mitra Pemerintah yang memiliki peran penting untuk menjembatani Pemerintah dan masyarakat dalam hal memberikan informasi, wartawan profesional harus mampu menguasai keterampilan jurnalistik, serta memegang teguh kode etik jurnalistik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap ST, yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan Opini dan Aspirasi Publik Zainul Arifin SPd, menyebutkan, pelatihan jurnalistik diikuti oleh wartawan dan ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 6 sampai 7 November 2018. (AL/mk/red)

Share:
Komentar


Berita Terkini