PARIWISATA

NASIONAL

Puluhan Massa GANAS, Geruduk DPRD Karo

Kamis, 01 November 2018 | 20.09 WIB
Kali Dibaca |


Karo-metrokampung.com
Puluhan massa yang menamakan diri Gerakan Rakyat Anti Penindasan (GANAS), menggeruduk DPRD Karo, Rabu (31/10) pukul 11.00.wib. Mereka mengadukan Dinas Pariwisata Kabupaten Karo telah bertindak tidak adil dalam pengelolaan lahan kios di pasar buah Berastagi. “Selama 25 tahun yang menjadi penyewa kios-kios itu sudah ada, dan itu juga masyarakat Karo. Kok tiba-tiba berpindah tangan sampai tidak tahu,” ungkap Alfianta Gunanta Bangun, koordinator aksi yang juga Ketua GANAS.

Alfianta membeberkan, orangtuanya merupakan salah satu penyewa kios yang membayar retribusi dan ongkos sewa sampai dengan tahun 2015. Namun Dinas Pariwisata justru tiba-tiba mengalihkan kiosnya ke pihak lain sejak tahun 2014. “Bukan hanya itu, Dinas Pariwisata juga mengeluarkan surat hak guna usaha namun hanya 3 dari 14 penyewa kios yang menerimanya,” tutur Bangun

Kejanggalan-kejanggalan yang terdapat dalam sistem sewa dan pengelolaan kios yang tepat berada di parkiran pasar buah Berastagi inilah yang membuat GANAS melakukan aksi massa ke dewan.

Alfianta juga mempertanyakan pola komunikasi yang dipakai pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata, yang terkesan mengabaikan masyarakat. Penyewa kios tidak lebih dulu diajak bermusyawarah bilamana ada perubahan-perubahan yang akan dilakukan oleh pemerintah. “Para penjual di kios itu berhak berusaha di daerah ini dan sudah seharusnya mereka juga di-orang-kan, diajak berkomunikasi, tidak sepihak begini!” tudingnya.

Perwakilan massa akhirnya diterima oleh anggta DPRD  diantaranya Onasis Sitepu dari Fraksi PKPI, Thomas Jaferson Ginting dari Fraksi Gerindra, Ramli Sitepu dari Nasdem, Ferianta Purba dari Fraksi Golkar. DPRD bahkan langsung memfasilitasi para pendemo dengan menghadirkan Kepala Dinas Pariwisata, Mulia Barus.

Sempat terjadi perdebatan sengit antara perwakilan GANAS dengan pihak Dinas Pariwisata yang bersikukuh mereka sudah menerapkan aturan yang berlaku. Perdebatan ini akhirnya berujung pada permintaan dari Dinas Pariwisata agar diberi waktu mencari semua berkas yang berkaitan dengan sewa-menyewa dan hak pemanfaatan belasan kios di pasar buah Berastagi tersebut.

Anggota DPRD, Onasis Sitepu akhirnya menengahi dengan menjanjikan pertemuan kembali antara Dinas Pariwisata dan massa GANAS di gedung dewan antara 12-16 Nopember mendatang. “Kami fasilitasi, agar permasalahan ini segera klir dan selesai dengan baik,” janji Onasis.

Walaupun belum merasa puas dengan hasil mediasi yang dilakukan DPRD, namun massa GANAS akhirnya bersedia membubarkan diri dengan tertib. Mereka berjanji akan datang lagi menagih janji pemerintah dan dewan sesuai waktu yang ditentukan. (amr/mk/red)




Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru