SUMUT

NASIONAL

BPBD Labuhanbatu Siaga Banjir dan Longsor

Jumat, 14 Desember 2018 | 08.01 WIB
Kali Dibaca |


Rantauprapat-metrokampung.com
BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah)  Kabupaten Labuhanbatu  Siaga 24 jam  membantu masyarakat yang terkena banjir dan longsor diwilayah Labuhanbatu.

Kepala BPBD Labuhanbatu Sopyan Hasibuan SE mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pasilitas Call center bencana BPBD labuhanbatu 062426009999.

"Kami harapkan bagi warga yang terkena bencana banjir dan longsor di Wilayah Kabupaten Labuhanbatu segera menghubungi kita di Call center bencana BPBD Labuhanbatu ,petugas kita sudah kita siagakan 24 jam ", ujar Sopian kepada Wartawan Jumat (14/12)

Disebutkannya, dibulan Desember ini masyarakat harus waspada atas kondisi cuaca curah hujan yang sangat tinggi, pada umumnya debit air  sungai akan meluap hingga menggenangi rumah rumah warga, begitu juga dengan kondisi tanah yang  sewaktu eaktu bida berakibat longsor.


Dijelaskannya, saat ini ada 3 titik daerah di Labuhanbatu yang terkena banjir yakni banjir di sungai kundur  Krcamatan Bilah Hulu, banjir di  Desa Sennah  Kecamatan Pangkatan dan  tanah longsor di  Desa Aek Matio Kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara.

" jauh sebelumnya Bapak Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi sudah memerintahkan saya agar siaga menghadapi kondisi curah hujan yang tinggi dibulan Desember ini".jelasnya.

Untuk mengantisipasi keadaan  ditiga lokasi yang terkena banjir dan longsor itu kita bersama aparat desa sudah melakukan pengamanan bantuan  personil dengan  melakukan bantuan pengaturan penyebrangan jalan bagi warga yang ingin melintasi jalan yang terkena banjir di sekitar lokasi  seperti di desa Sennah dan di Sei Kundur.

Sedangkan di Aek Matio, petugas BPBD Labuhanbatu sedang berupaya membuat tembok pengaman tanah longsor dengan menyusun goni yang berisi tanah disekitar lokasi tanah longsor tersebut.

Sopian menambahkan pihaknya juga kini akan mendirikan tenda tenda buat masyarakat yang membutuhkan disaat saat nantinya curah hujan kembali datang.

"Hampir setiap hari hujan, kita akan mendirikan tenda tenda disekitar lokasi untuk menampung jika nanti  warga membutuhkannya, ",jelasnya.(TM/Oen/mk)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru