Deliserdang Peringati Hari Bela Negara

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung. com
Hari Bela Negara  Tahun 2018  tingkat Kabupaten Deli Serdang diperingati , diawali  pembacaan  Ikrar  Bela Negara , menyanyikan Mars  Mars Bela Negara dan Doa bersama,bertindak sebagai  Irup Bupati Deli Serdang diwakili Asisten I  Dedi Maswardy MAP, Komandan Upacara Kakan Kesbang Pol Togar Panjaitan ,  dengan peserta upacara   seluruh ASN jajaran Pemkab Deli Serdang , dipusatkan di halaman Kantor Bupati Deli Serdang, ,Rabu (19/22) Lubuk Pakam.

Ikrar Bela Negara  yang dibacakan  Kabit Trantibum Satpol PP Marjuki Ssos MAP yaitu  :  Kami warga Negara Indonesia , menyadari sepenuhnya  bahwa , dalam rangka menjaga kedaulatan Negara, Keutuhan wilayah, dan keselamatan Bangsa demi kelangsungan hidup Negara kesatuan Republik Indonesia, berjanji untuk selalu bersikap dan berperilaku   pertama  mencintai tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi  Negara, rela berkorban bagi Bangsa dan Negara, memiliki kemampuan awal bela negara.

Pidato tertulis Presiden RI H Joko  Widodo diantaranya  mengatakan bahwa  penetapan peristiwa  bersejarah ini sebagai hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa  bela Negara  sejak dulu memiliki konteks yang sangat luas . Bela Negara  tidak dapat hanya dilakukan  dengan kekuatan  fisik  dan senjata  semata , namun harus dilakukan  melalui beragam upaya  dan  profesi.  Segenap Aparatur Negara, baik sipil maupun militer,  yang tengah berjuang melakukan  tugasnya  dipelosok tanah air,  sesungguhnya  sedang melakukan  bela Negara. Merekalah  yang telah membuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya.


Hal ini  sekali lagi juga  menegaskan , bahwa bela Negara adalah kerjasama segenap  elemen Bangsa  dan Negara. Bukan hanya Pemerintah, apalagi sekedar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja.

Pada momentum Hari Bela Negara ini, mari kita  insyafi kembali kemerdekaan bangsa dan negara yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa  sebagai modal dasar kerja Bangsa disegala bidang.  Mari kita syukuri  bersama  keberadaan  ratusan suku Bangsa, bahasa , adat istiadat, beragam agama , dan kepercayaan didalam wadah  Negara  Kesatuan RI  yang membentang  lebih dari seper delapan khatulistiwa. Tidak ada negeri yang seperti NKRI  kita ini. Untuk itu diajak seluruh elemen bangsa  untuk mewujudkan  rasa syukur atas anugerah  kemerdekaan dan persatuan  kesatuan kita dengan aksi nasional bela negara di berbagai bidang.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini