SUMUT

NASIONAL

HUT ke 12 Batubara, Utamakan Peningkatan Kinerja ASN dan Lapangan Kerja

Sabtu, 08 Desember 2018 | 16.43 WIB
Kali Dibaca |

Pagar J. Pandiangan, S. Ked Ketua F. Partai Gerindra DPRD Batubara.

BATUBARA - Metrokampung.com
Banyak perobahan yang terjadi selama perjalanan Kabupaten Batubara yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Asahan .

Kabupaten Batubara yang lahir dari hasil perjuangan rakyat Batubara bersama Gemkara (Gerakan Masyarakat Menuju Kabupaten Batubara) genap berusia12 tahun, Sabtu (8/12).

Meski ada pihak yang menyatakan tidak banyak perobahan khususnya  pembangunan infrastruktur namun tidak bisa dipungkiri sudah banyak jalan yang ditingkatkan kondisinya. Banyak pula ruas jalan baru yang dibangun untuk memudahkan akses lalu lintas.

Hal tersebut diamini Pagar J. Pandiangan, S. Ked, Sabtu (8/12) yang merupakan ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Batubara saat bincang- bincang dengan wartawan usai paripurna DPRD Batubara terkait ulang tahun ke 12 Kabupaten Batubara.

Hanya saja politisi muda Partai Gerindra tersebut mengakui masih banyak yang harus dibenahi agar Kabupaten Batubara berdiri sejajar dengan kabupaten lain.

Menurut Pagar yang berulang tahun ke 29 tepat pada HUT Batubara tahun 2018, masalah Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pejabatnya masih kurang maksimal dalam menjalankan tanggungjawabnya.

Mengenai pejabat yang memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menurut penilaian Pagar umumnya bersifat menunggu petunjuk dari Bupati.
"Seharusnya Kepala OPD harus kreatif mengungkapkan gagasan dan ide untuk memaksimalkan fungsi OPD yang bersangkutan", ujar Pagar.

Demikian pula dengan penempatan pejabat di lingkungan Pemkab Batubara selama ini dinilai Pagar belum sepenuhnya menempatkan pejabat berdasarkan prinsif 'the right man on the right place'.

Baperjakat yang diketuai Sekretaris Daerah Kabupaten diharapkannya kedepan agar benar- benar menempatkan pejabat pada posisi jabatan sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Sedangkan  mengenai tenaga kependidikan guru dan tenaga kesehatan diharapkan kedepannya terlebih setelah Ir. Zahir, MAP menjabat sebagai Bupati Batubara bersama Oky Iqbal Frima, SE sebagai wakilnya agar dikembalikan ke tugas fungsionalnya.

" Kembalikan para guru, dokter dan para medis yang sekarang memegang jabatan struktural ke jabatan fungsionalnya. Kita kan masih kekurangan tenaga guru dan tenaga medis", jelas Pagar.

Selain itu, Pagar yang saat ini menjadi calon anggota legislatif  Provinsi Sumatera Utara dari Dapil 5 (Asahan, Batubara dan Tanjung Balai) melalui Partai Gerindra berharap pemimpin Kabupaten Batubara berikutnya dapat menciptakan lapangan kerja yang banyak.

" Saya berharap Bupati dan Wakil Bupati Batubara yang akan dilantik 26 Desember mendatang agar berkoordinasi dengan perusahaan besar yang ada di Kabupaten Batubara dengan memprioritaskan putra Batubara menempati posisi yang tersedia di perusahaan tersebut", tandas Pagar sembari mengingatkan jangan sampai rakyat Batubara menjadi penonton di daerahnya sendiri. (ebson ap/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru