Plt Bupati Labuhanbatu : Mari Kita Bangkitkan UMKM

Editor: metrokampung.com
Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT saat menunjukkan syrup nenas produksi warga Labuhanbatu. 

Labuhanbatu - Metrokampung.com 
Pelaksana tugas ( Plt ) Bupati labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT, mengajak semua komponen masyarakat untuk membangkitkan usaha mikro kecil menengah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu untuk membangun ekonomi masyarakat kecil agar produktif dan mandiri secara financial.

Hal itu dikatakannya, saat menerima kunjungan salah seorang pelaku usaha di Labuhanbatu, J. Marpaung (40) warga Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau utara, dirumah Winas Wakil Bupati Labuhanbatu, Minggu (2/12) sore.

Menurut Andi, tidak dapat dipungkiri bahwa usaha mikro kecil menengah sudah terbukti mampu bertahan didalam menghadapi krisis ekonomi yang terjadi di tanah air.

"Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berkomitmen untuk memberikan dukungan berupa moril dan materil nantinya agar masyarakat yang ada di kabupaten ini, dapat membuat dan mengembangkan usahanya serta dapat menjadi masyarakat yang Produktif dan bukan menjadi masyarakat yang konsumtif saja," ujarnya.

Disamping itu, kata Andi, produk asli dari Kabupaten Labuhanbatu belum ada, oleh karena itu, dirinya sangat mendukung usaha Syrup Nenas asli dari Labuhanbatu ini. Apalagi, tambahnya, bahan bakunya juga ada di daerah kita khususnya di wilayah Llabuhan Bilik, Kecamatan Panai Tengah.

"Tentunya, bila ini sudah menjadi produk yang digemari dan dapat diproduksi secara masal, jelas hal ini akan meningkatkan produksi petani Nenas yang secara otomatis juga akan meningkatkan perekonomian petani nenas itu sendiri," timpal Andi.

Disebukannya, bila masyarakat kita semakin banyak membuat terobosan - terobosan dengan kreatifitasnya membuat usaha UMKM produksi yang bahan bakunya ada di Labuhanbatu, tentunya semakin mengkokohkan perekonomian masyarakat bawah.

"Yang tidak seperti sekarang ini, hanya bergantung dengan produksi karet dan kelapa sawit saja yang apabila harga komoditi tersebut anjlok maka lemahlah ekonomi masyarakat, disebabkan hasilnya tidak sebanding dengan kebutuhan hidup masyarakat itu sendiri," sebutnya.

Jadi dalam hal ini, sambung Andi, Pemerintah kabupaten labuhanbatu sangat mendukung UMKM dan akan mensupportnya. Selain itu, peningkatan UMKM ini bukan hanya menjadi fokus Pemkab Labuhanbatu saja, bahkan Pemerintah Provinsi Sumatera utara yang sekarang ini dibawah kepemimpinan Gubernur Edi Ramayadi dan Musa Rajeck Shah sudah membuat perencanaan untuk peningkatan usaha mikro kecil menengah.

"Yang nantinya, akan mendapat kemudahan dan bantuan untuk mengembangkan usaha masyarakat," papar Andi Suhaimi menutup komunikasinya.

Sementara itu, J. Marpaung mengatakan bahwa usaha Syrup Nenas tersebut, hasil dari gagasan Sekjen Disperindag Edi M Harahap.

"Syrup tersebut sudah diproduksi, hanya saja kita belum dapat memproduksinya secara masal disebabkan masih kekurangan modal didalam penyediaan kemasanya, nantinya juga selain produksi Syrup Nenas kami juga akan berinovasi membuat selai Nenas dan keripik Nenas," ujar J Marpaung.

J. Marpaung berharap, dengan adanya usaha produksi Syrup Nenas Asli dari Labuhanbatu ini, mendapat perhatian dan bantuan dari Pemkab Labuhanbatu.

"Kirannya syrup nenas ini, bisa menjadi buah tangan oleh - oleh bagi masyarakat di luar Daerah Labuhanbatu," tandasnya. (AL/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini