SUMUT

NASIONAL

Kapolres Asahan Terharu Dinobatkan Sebagai Raja Sonak Malela

Jumat, 18 Januari 2019 | 08.49 WIB
Kali Dibaca |

AKBP Faisal F Napitupulu diapit Ketua Umum DPP Gowa Sumut dan istri seusai penobatan gelar.
Kisaran - metrokampung.com
Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu SIK disambut ratusan warga di Desa Gajah, Kecamatan Meranti Asahan, Senin Malam (14/1/2019). Kedatangan mantan Kapolres Nias Selatan itu didampingi PJU Polres Asahan, antara lain Wakapolres Kompol M Taufik, Kasat Reskrim AKP Ricky Pripurna Atmadja SIK, Kasat Narkoba AKP Antony Tarigan, Kabag Sumda Kompol Anderson Siringo-ringo, Kapolsek Kisaran Kota Iptu Siswoyo dan sejumlah personel polisi.

Turut hadir, Kadis Kominfo Asahan Rahmad Hidayat Siregar, Ketua KONI Nur Karim Nehe dan para awak media. Di tengah-tengah kehadiran personel Polres Asahan, terlihat juga warga yang mengenakan pakaian adat Batak.

Pantauan wartawan, mantan Kasubdit III Jahtanras Ditreskrimum Poldasu itu dinobatkan sebagai Raja Sonak Malela se-Kecamatan Meranti oleh kumpulan marga Sonak Malela yang terdiri dari Mangunsong, Marpaung, Napitupulu, Pardede serta (boru, bere, ibebere).

“AKBP Faisal F Napitupulu SIK yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kapolres Asahan dinobatkan menjadi Raja oleh Sonak Malela yang terdiri dari 4 marga yakni, Simangunsong, Marpaung, Napitupulu dan Pardede,” kata Rony Marpaung selaku Ketua Panitia. Sementara itu, Faisal mengaku terharu dan mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menyambutnya dengan hangat.

“Terimakasih yang tak terhingga buat para tetua saya yang berkumpul di sini yang telah memberikan gelar Raja kepada saya. Ini akan menjadi catatan sejarah sendiri dalam hidup saya yang tak bisa saya lupakan,” kata AKBP Faisal F Napitupulu dalam sambutannya.

“Dalam kesempatan ini, saya juga berpesan kepada seluruh saudara-saudara saya di sini tanpa terkecuali, selama menjalankan tugas di Asahan ini tolong bantu saya untuk tetap dekat dengan masyarakat. Bantu saya dengan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum, apalagi terindikasi dengan narkoba. Jangan sampai para leluhur kita malu dan saya sebagai Kapolres juga ikut malu,” tegas Faisal.

Penobatan AKBP Faisal F Napitupulu sebagai Raja Sonak Malela di Asahan ditandai dengan menyematkan ulos raja dan pemberian tongkat kebesaran lambang kesaktian Raja Batak oleh Kepala Desa Gajah, Madlan Simangunsong. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan pemberian Pedang Harajaon (Kerajaan) oleh Ketua Umum Lembaga Pemantau Pemerintah Gowa Sumut, Satriawan Guntur Zass Marpaung SH yang merupakan penggagas penobatan Kapolres Asahan menjadi Raja Gomparan Sonak Malela di Asahan.

“Saya mengadakan acara ini tidak lain dan tidak bukan untuk mempererat tali silaturahim sesama keturunan Sonak Malela, khususnya seluruh masyarakat Asahan,” kata Satriawan. “Kita harus menjaga budaya-budaya dan kearifan lokal dari leluhur kita, seperti pesan dari nenek moyang kita, oppung kita, “Elek Marboru, Somba Marhula hula, Manat Mardongan Tubu’, agar kita tidak lupa sejarah, tergilas modrennisasi era digital,” imbuhnya.

Dijelaskan Satriawan, gagasan acara tersebut sebelumnya dibahas bersama seluruh pengurus DPP Gowa Sumut, sekaligus demi mendekatkan polisi dengan masyarakat. “Sehingga masyarakat dengan polisi tetap bersinergis menjaga Kamtibmas agar suasana di Asahan tetap kondusif,” lanjutnya.

Dia juga mengatakan, acara serupa bakal dilaksanakan di 6 desa dalam waktu dekat, khususnya di Asahan Atas yakni Kecamatan Bandar Pulau.

“Inilah kita. Kita satu rumpun yakni Pomparan Raja Sonak Malela,” pungkasnya. AKBP Faisal F Napitupulu terlihat sangat terharu dengan penobatannya sebagai Raja Sonak Malela dan nampak begitu akrab dengan warga Asahan. Dia terlihat tidak canggung dan tak sungkan manortor bersama inangtua, inanguda, ibotonya, boru, ibeberenya yang hadir saat itu. Acara turut dimeriahkan artis ibukota Suci Afriani Sitorus ‘Rising Star Indonesia’ yang berbaur dengan semua warga, sembari mengajak semua petugas di jajaran Polres Asahan ikut manortor bersama. Pada kesempatan itu juga, AKBP Faisal F Napitupulu memberikan berupa bantuan materi kepada 50 orang ibu-ibu lansia serta dana pembinaan bagi generasi muda mudi dari Sanggar Seni Tari Kecamatan Meranti.

“Baru beberapa bulan bertugas di Asahan, beliau memang dikenal sangat akrab di kalangan masyarakat. Saya salut dan bangga punya Kapolres seperti ini di Asahan,” cetus Ronal Siagian, seorang tokoh pemuda. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru