SUMUT

NASIONAL

Kemeriahan Diperesmian Sanggar Seni Budaya Satahi Saoloan

Jumat, 08 Februari 2019 | 22.09 WIB
Kali Dibaca |

Keceriaan Sanggar Tari Satahi Saoloan

Samosir, metrokampung.com
Sanggar seni budaya adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk berkegiatan seni seperti seni tari, seni lukis,seni peran. Kegiatan yang ada dalam sebuah sanggar seni berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang meliputi proses dari pembelajaran,penciptaan hingga produksi dan semua proses hampir sebagian besar dilakukan di dalam sanggar (tergantung ada tidaknya fasilitas dalam sanggar).

Sanggar seni budaya yang diberi nama Satahi Saoloan masih berjuang untuk melestarikan kesenian tari tradisional kususnya tarian kas batak toba (tortor) berlomba-lomba untuk menarik minat masyarakatnya sendiri untuk ikut andil dalam pelestarian budaya bangsa.

Anggota Sanggar Tari Satahi Saoloan untuk tingkat Sekalah Dasar.

Maka dari itu “SANGGAR TARI SATAHI SAOLOAN”berusaha untuk menggali dan menampilkan kembali nilai Budaya masyarakat batak toba seperti Tor-tor, gondang, opera batak hingga mendirikan Sanggar tari seni budaya "Satahi Saoloan"di Kenegerian Sihotang Desa Dolok Roja Kecamatan Harian.

Pemkab Samosir hadir dalam acara peresmian Sanggar Seni Budaya/Sanggar tari Satahi Saoloan, Jumat (08/02/2019) bertempat di Lumban Manurung Sihotang (Kenegerian Sihotang/Rura Sihotang) Desa Dolok Raja Kecamatan Harian, tempat ini juga menjadi sekretariat Sanggar tari Satahi Saoloan. Peresmian tersebut dilakukan dengan gunting pita oleh Kabid Dispora Kabupaten Samosir didampingi ketua sanggar tari Satahi Saoloan, Pinansius Manurung.

Para pengurus Sanggar Tari Satahi Saoloan.

Sebelum pengguntingan pita dilakukan, peresmian Sanggar Seni Budaya/Sanggar Tari Satahi Saoloan diawali ibadah dengan menyanyikan berbagai lagu rohani serta diisi dengan renungan.

Ketua Sanggar Seni Budaya/Sanggar Tari Satahi Saoloan, Pinansius Manurung berharap,Sanggar tari satahi saoloan kelak dapat memenuhi kebutuhan seluruh penggunanya. Selain itu, diharapkan pula dapat menjadi sebuah sanggar tari tradisional Indonesia berbasis pendidikan yang menjadi wujud upaya pelestarian budaya Indonesia khususnya budaya batak toba, sehingga seni budaya batak toba mampu dikenal masyarakat luas.

Lanjutnya, Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan seni budaya.Ribuan pulau yang terdapat di negeri ini membentuk masyarakat dengan adat istiadat dan budaya yang sangat beragam."Kesenian tari tradisional Indonesia sebagai salah satu bentuk budaya yang merupakan harta warisan bangsa wajib dijaga kelestarian dan keasliannya,salah satunya adalah tarian seni batak(tortor)," ujar Pinansius Manurung.

Ingot Limbong selaku Pembina Sanggar Seni Budaya/Sanggar tari Satahi saoloan dalam sambutannya menyampaikan, Pendirian sanggar seni budaya ini, mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat.Disela sambutannya, untuk menyemarakan acara,ingot limbong menampilkan Anak binaannya untuk menunjukkan dan menampilkan pertunjukan tari(tor-tor) sebagai penghibur untuk para undangan dan masyarakat yang menghadiri acara peresmian sanggar seni budaya.

Lanjut ingot limbong, saya mengucapkan terima kasih dengan memberikan apresiasi tinggi atas kerja keras panitia dan para anggota sanggar tari,semoga melalui peresmian ini dapat menumbuhkan kepekaan rasa, solidaritas, loyalitas dan spirit berkarya para generasi muda sanggar seni budaya satahi saoloan dan masyarakat kenegerian sihotang.Selamat....!,sukses dan berjayalah Sanggar seni budaya Satahi Saololoan... Horas....Horas...Horas…!!!

Pantauan awak media Acara Peresmian Sanggar Seni Budaya/Sanggar tari Satahi saoloan tersebut berjalan lancar dan khidmat.(Ton's/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru