SUMUT

NASIONAL

Arung Jeram, Objek Wisata Andalan Labusel

Minggu, 31 Maret 2019 | 19.07 WIB
Kali Dibaca |

Tim survey objek wisata Arung Jeram dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) bersama Dinas Pariwisata Kabubaten Labuhanbatu Selatan beraksi di Sungai Hulumahuam yang terletak di wisata alam Sampuran RJ yang terletak di Desa Mandalasena Kecamatan Silangkitang. 

Kotapinang-metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan terus mengembangankan potensi objek wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya, objek wisata alam Sampuran RJ yang terletak di Desa Mandalasena Kecamatan Silangkitang. Saat tim Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) bersama Dinas Pariwisata mensurvei lokasi alam dengan perahu karet, terlihat masyarakat sangat antusias untuk melihat langsung tim beraksi mengarunggi air jernih dan bebatuan yang alami.

Lokasi areal wisata alami seluas 20 hektar dengan rincian 10 hektar hutan lindung dan 10 hektar milik masyarakat ini, memiliki air jernih yang mengalir dari Hulu Sungai Hulumahuam beserta pasir putih di tepi sungai khas bentukan alam menambah keindahan lokasi di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Balyan Nasution di Kotapinang, Kemarin, menyampaikan telah melakukan penelitian potensi pariwisata di daerah.

Pihaknya, sudah berkoordinasi dengan pemilik lokasi wisata Sampuran RJ Mandalasena untuk mengembangkan potensi wisata alam ini terkait dengan pelaksanaan kegiatan Arung Jeram.

“Kalau memang FAJI menyatakan layak, maka kita akan ada event tahunan untuk Kabupaten dan Provinsi Sumatera Utara. Tapi kita lihat dulu perkembangan atau tanggapan dari Federasi Arung Jeram Pusat,” ujarnya.

Saat ini, ujar Balyan, pihaknya telah mengembangakan objek wisata Arung Jeram dan lainnya sebagai alternatif liburan masyarakat sehingga menghasilkan pendapatan daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Sementara, Pembina FAJI Kota Medan Dedi Armaya menyampaikan ekspedisi ini luar biasa untuk dibuat event Arung Jeram.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan bisa mengembangkan potensi alam ini dan bisa membuat suatu kegiatan yang dapat mendongkrak ikon pariwisata daerah.

“Sungai ini sangat bagus dan kita sangat apresiasi dengan sungai yang ada di Labusel ini. Kami juga berharap akan ada event Arung Jeram, baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi,” katanya.(TM/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru