SUMUT

NASIONAL

Mburo Ate Tedeh, Politisi PDIP, Dr Junimart Girsang SH, MH, MBA Disambut Ratusan Darga Dengan Tarian Mejuah Juah.

Senin, 25 Maret 2019 | 14.20 WIB
Kali Dibaca |

Politisi PDIP yang juga anggota DPR RI Komisi III, Dr Junimart Girsang SH , MH , MBA disambut ratusan warga dengan Tarian Mejuah Juah.

KARO – METROKAMPUNG.COM
Politisi PDIP yang juga anggota DPR RI Komisi III, Dr Junimart Girsang SH , MH , MBA disambut ratusan warga desa Gongsol,  Merdeka dan Desa Jaranguda kecamatan Merdeka Kabupaten Karo dalam acara “Mburo Ate Tedeh”  yang dilaksanakan di lapangan hotel Berastagi Cottage , Minggu 24/03 sekitar pukul 19.30 wib.

Menurut Junimart,  kunjungannya kali ini  dalam rangka menjalinan Silaturahmi dengan warga masyarakat Tanah Karo kususnya warga Kecamatan Merdeka dan sekaligus mburo ate tedeh kuta kemulihen (melepas kerinduan akan kampung halaman/red) mengingat dirinya  sudah lama tidak pulang ke kampung halaman.

Dinginnya udara malam tidak menggangu hasrat kerabat yang sudah menyiapkan acara kehadiran Politikus yang pernah tinggal di desa Gongsol ini.   Kehadiran Junimart yang mengenakan baju batik berwarna coklat langsung disambut kerabatnya yang terdiri dari  Sukut , Anak Beru, Kalimbubu dan Teman Meriah yang diiringi lagu mejuah juah dan dilanjutkan menari bersama.

Rain Surbakti, Salah seorang warga desa Merdeka yang turut hadir malam itu mengungkapkan kegembiraannya atas  kedatangan Anggota Komisi III DPR RI.

“Kami sangat senang di kunjungi bapak ini , karena dulunya bapak ini pernah tinggal di Desa Gongsol ini , makanya kami tidak asing lagi dengan bapak ini . Bapak ini orangnya ramah sekali , belum pun dulu menjabat sebagai anggota DPR RI , beliu sering kali datang ke desa ini,”kata Rain.

Sedangkan menurut Jamal Tarigan, yang merupakan sukut, atau abang semarga dari Junimart Girsang menjelaskan, acara Mboru Ate Tedeh, yang dalam bahasa Indonesia disebut temu kangen keluarga bermarga Tarigan mengingat saudara yang sudah lama tidak pulang ke kampung halaman.

"Dulu waktu bibiknya nikah kemari sama marga Surbakti Rumah Bale, bibiknya itu dibikin disini orang tuanya yaitu marga Tarigan, itulah bapak kami, dan karena dia Tarigan sudah lama tidak kemari, tedeh itu artinya rindu, jadi Mburo ate tedeh, artinya rindu kembali, melihat kampung halaman yang sudah lama dia tinggalkan, dan rindu kepada sudara - saudara yang ada di kampung halaman, " terang Jamal Tarigan.

Didepan Kerabat yang hadir, Dr Junimart Girsang menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada warga Gongsol , Merdeka dan Jaranguda atas sambutan yang diberikan dan diperlihatkan atas kehadirannya.

“Sebetulnya saya suku Karo , Saat di Kota Bandung pun saya ikut dalam persatuan kalak karo di Kota Bandung . Bahkan dari TK sampai SD saya bersekolah di Kabanjahe , dan saya sering dulu mandi mandi di Lau Dah sana , dan sering juga main main ke Desa Gongsol ini,”ungkapnya Junimart juga menerangkan kalau dirinya saat ini merupakan politisi PDIP bagian hukum di Komisi III DPR RI .

Dirinya juga merasa rasa prihatin yang mendalam mengingat Kabupaten Karo saat masuk nomor satu dalam peredaraan narkoba , dimana beberapa bulan yang lalu Polres Karo telah berhasil menangkap pemilik ganja ratusan kg , tapi itu pun belum juga ada habis habisnya narkoba dari Tanah Karo ini .
“Jadi marilah kita sama sama memberantas narkoba dari kab Karo ini. Kalau ada masalah kalian dengan hukum silahkan saja hubungi saya , tapi jangan masalah narkoba atau masalah judi atau urusan surat cerai " ucap Junimart yang langsung di aplaus warga yang hadir.-(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru