SUMUT

NASIONAL

Bupati Batubara Ir H Zahir MAP Buka Pesta Tapai

Jumat, 12 April 2019 | 21.19 WIB
Kali Dibaca |


Batubara, Metrokampung.com
Bupati Batubara Ir Zahir MAP menerangkan pestai tapai di Dahari Selebar dan Desa Mesjid Lama merupakan  sebuah tradisi sejak tahun 1918.

Karena itu  harap Bupati, pesta tapai harus  dipertahankan tapi  sistimnya harus dimodernkan dengan tidak menghilangkan ketradisiannya. "Perayaan pesta tapai tahunan   tahun depan saya janjikan akan lebih baik lagi", ujar Bupati pada Perayaan Tradisi Pesta Tapai  Tahunan di Desa Mesjid Lama dan Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi, Jumat (12/04/219) petang.

Tujuan pelaksanaan pesta tapai sebagai salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya dan tradisi menyambut bulan suci Ramadhan yang berlangsung selama 25 hari yang diikuti seluruh elemen masyarakat Batubara.

Bupati menaruh penuh perhatian pada Kebudayaan dan warisan leluhur sehingga banyak  OPD yang akan dirombak, ada yang akan diciutkan ada OPD baru yang akan dibentuk. Khusus bidang Kebudayaan akan dimasukkan dalam nomenklatur 2019  agar dijadikan OPD baru.

Ini sejalan dengan visi misi Zahir-Oky tahun 2018-2023 untuk mewujudkan masyarakat Batubara sejahtera berjaya.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata diwakili  Junaidi  menyambut baik pelaksanaan pesta tapai di Kabupaten Batubara sebagai upaya melestarikan budaya leluhur.

Selain itu Junaidi mengungkapkan tahun ini pelestarian penataan istana Niat Lima Laras dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu.

Pesan Gubernur Sumut agar warisan budaya terus terjaga dan terpelihara  hingga generasi mendatang.

Turut hadir Sekdakab Batubara Sakti Alam Siregar, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Maya Zahir, Ibu Ketua Darma Wanita Kabupaten Ibu Sakti Alam,  Kadis Kominfo, Ka BPMPD, Kakan Kemenag Batubara A. Sofian, para Camat serta ratusan warga.  (DS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru