PARIWISATA

NASIONAL

KPU Tanjungbalai Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2019, Tahapan Akhir Pengiriman Logistik Berjalan Baik

Minggu, 14 April 2019 | 17.55 WIB
Kali Dibaca |

DIWAWANCARAI : Ketua KPU Kota Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan saat diwawancarai SIB, Minggu (14/4) diruang kerjanya terkait kesiapan pelaksanaan Pemiku tahun 2019.

Tanjungbalai-metrokampung.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai mengajak semua pihak untuk bersama sama berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 khususnya didaerah tersebut. Dengan demikian, seluruh rangkaian tahapan hingga pada pelaksanaan pemungutan suara hingga proses penghitungan suara serta pada penetapan bisa berjalan aman damai dan sesuai harapan masyarakat.

"Kami seluruh Komisioner KPU memiliki komitmen besar untuk mensuskseskan pelaksanaan Pemilu tahun ini yang tinggal beberapa hari lagi. Oleh karena itu, kami memiliki harapan besar kepada semua pihak, baik pemuka agama, tokoh adat, dan semua stakeholder untuk turut mengambil bagian dalam pelaksanaan agenda nasional yaitu Pemilu 2019 khususnya di Tanjungbalai ini, " ucap Luhut Parlinggoman Siahaan SH,MKn saat diwawancarai SIB, Minggu (14/4) diruangan kerjanya.

KPU Tanjungbalai juga berharap para penegak hukum dalam hal ini TNI, Polri, Kajari dan Bawaslu yang tergabung dalam GAKUMDU Pemilu agar bisa membangun pola kemitraan yang baik. Hal itu untuk mengedepankan kebersamaan dalam mengawal pesta demokrasi agar berjalan sukses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara kepada penyelenggara tingkat bawah dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Luhut mengingatkan untuk bekerja profesional sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing, dan bersikap adil sebagai penyelenggara serta tidak terkontaminasi kepentingan politik.

"Besar harapan kami TNI-Polri dan Bawaslu untuk bisa membangun kerjasama yang baik dengan mengedepankan semangat demokrasi. Dan kepada penyelenggara tingkat bawah agar jangan sampai melakukan kegiatan kegiatan yang bernuansa politik yang akan mempengaruhi proses pelaksanaan dari sisi kemandirian," tegas Luhut.

Sebagai penyelenggara Pemilu untuk memenuhi demokrasi yang berdaulat, berwibawa dan bermartabat, pihak KPU Tanjungbalai akan berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan penguatan integritas kepada penyelenggara tingkat bawah.

"Pemilu tahun ini tinggal menunggu beberapa hari kedepan. Untuk itu, insya Allah kami komisioner KPU telah sejak awal berkomitmen bagaimana pelaksanaan mulai dari tahapan persiapan hingga hari pemungutan suara nanti bisa berjalan sukses." sebut Luhut


Dikatakannya, tahapan demi tahapan menjelang proses pemilihan telah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Termasuk pada tahapan pengiriman logistik yang merupakan tahapan akhir menjelang pelaksanaan Pemilu.

"Tahapan pengiriman logistik ke enam kecamatan Kota Tanjungbalai sudah dipersiapkan dan telah berjalan dengan baik. Karena beberapa hari lagi kita akan menyongsong pesta demokrasi, apalagi di tahun ini penyelenggara pemilihan lebih rumit karena yang dipilih bukan hanya presiden tapi anggota legislatif DPR RI, DPD, DPRD Provsu dan DPRD Kab/Kota," kata Luhut.


Dirinya meminta agar seluruh pihak dapat membangun komitmen dan niat yang sama untuk bagaimana pemilihan umum di Kota Tanjungbalai dapat berjalan lancar, jujur, adil dan demokrasi. Ketua KPU juga mengajak secara langsung seluruh pihak untuk berkerjasama dalam menyelengarakan pemilu dengan baik, lancar dan sesuai harapan bersama. Sementara kepada masyarakat, Luhut berpesan agar seluruh masyarakat harus bisa memberikan hak suaranya dengan baik.

Pasalnya, salah satu indikator keberhasilan pemilu di daerah adalah tingginya angka partisipasi."Target partisipasi pemilih kali ini 78 % dari jumlah DPT. Karena jika partisipasi pemilihnya tinggi dan baik, maka kota akan masuk sebagai daerah yang sukses melaksanakan pemilu tahun ini. Sehingga untuk mewujudkan ini maka seluruh tahapan dan kesiapan berkaitan dengan logistik juga telah berjalan sesuai jadwal," tegasnya. (laban/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru