SUMUT

NASIONAL

Dansatgas Pantau Perkembangan Situasi Gunung Sinabung

Kamis, 09 Mei 2019 | 20.49 WIB
Kali Dibaca |

Dandim 0205/TK ,Letkol Inf. Taufik Rizal Batubara selaku Dan Satgas Tanggap Darurat Gunung Sinabung saat memantau perkembangan Gunung Sinabung.

KARO – METROKAMPUNG.COM
Pasca erupsi Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara , Selasa (7/5) pada pukul 06.41 WIB lalu . Dimana Erupsi kali ini membuat gunung Sinabung melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter, meski tidak disertai guguran awan panas dengan sebaran abu ke arah tenggara timur yang sampai sekarang masih berstatus awas level 4.

Untuk melihat langsung situasi gunung yang sudah hampir 10 tahun erupsi tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0205/TK, Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE selaku Dansatgas Tanggap Darurat Gunung Sinabung, langsung mendatangi kantor Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo untuk memastikan dan mendengar langsung penjelasan pihak PVMBG selaku pihak yang bertanggung jawab dalam pemantauan Gunung Api Sinabung, Kamis (9/5) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dandim didampingi Pasinteldim Tanah Karo Kapten Inf Gandhi NH dan Danramil 04/SE Kapten Kav J Surbakti langsung melakukan pengecekan fisik terkait perkembangan situasi terakhir aktivitas Gunung Api Sinabung.

Arif Cahyo staf kantor PVMBG yang menyambut kedatangan Dandim menjelaskan, bahwa aktivitas G Sinabung masih dalam Level IV (Awas). Untuk data monitoring baik dari kegempaan maupun data deformasi, tidak menunjukan fenomena yg siknifikan (menonjol). Kemudian dari data di visual ditemukan data baru berupa lubang kawah di sisi Tenggara.

"Namun fenomena tersebut merupakan masih normal dan untuk saat ini kondisi Sinabung masih relatif aman. Namun dihimbau kepada masyarakat melalui Dansatgas agar tetap menghimbau serta dilarang keras masuk ke dalam zona merah," sebut Arif.

Di tempat yang sama, Dansatgas Gunung Api Sinabung, ketika dikonfirmasi Metrokampung menyebutkan, tetap menghimbau kepada masyarakat atau tamu wisata, agar jangan memasuki zona merah yang sudah ditentukan. Apalagi mendekati ke aliran sungai Lau Borus, karena setuasi Gunung Sinabung masih berstatus awas atau di level 4.

"Jadi, saya himbau sekali lagi janganlah memasuki zona merah. Jangan nanti kita kira sudah aman Gunung Sinabung ini. Kita tetap monitor saja dari petugas PVMBG sebagai  pihak yang bertanggung jawab dalam pemantauan Gunung Api Sinabung dan jangan kita percaya isu-isu yang tidak bertanggung jawap tentang situasi Gunung kita ini. Tetap kita dengarkan instruksi dari BPBD dan PVMBG, dan sekali lagi saya sebagai Dansatgas tetap menghimbau kepada masyarakat agar tidak memasuki ke zona merah " tegas Dandim yang mantan Paspampres ini. (amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru