SUMUT

NASIONAL

Ini Bukti Bupati Eddy Berutu Pro Rakyat, Dalam 1 Hari Sambangi 3 Kementerian Untuk Kebut Program 100 Hari Kerja

Jumat, 17 Mei 2019 | 21.15 WIB
Kali Dibaca |

(Kiri Ke Kanan) : Bpk. Amran Sulaiman (Menteri Pertanian), Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Dairi, Metrokampung.com

Dr. Eddy Keleng Ate Berutu  tampaknya lebih tancap gas untuk menepati janji visi dan misinya sewaktu kampanye. Dalam kunjungan Dinas ke Jakarta kali ini tak main-main,  3 Kementerian sekaligus disambangi  dalam waktu 1 hari untuk mengejar program 100 hari kerjanya, Jumat ( 17/05/2019).

Dimuali dari rapat  koordinasi dan konsultasi dengan Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman yang dipimpin langsung oleh Menko Bidang Kemaritiman Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang membahas  tentang Low Budget Natural Farming (LBNF).

(Kiri Ke Kanan) : Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan Direktur Jendral Bpk.  F.X. Sutijastoto di Direktorat Jendral Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi.

Dalam gagasannya, Eddy Berutu menyampaikan zerro waste farming untuk pertanian yang terintegrasi mengoptimumkan keseluruhan bahan hasil pertanian tanpa sisa,sehingga memberi nilai tambah yang akan menyumbang peningkatan ekonomi masyarakat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Dairi.

"Harapan kita kabupaten-kabupaten dikawasan Danau Toba dapat mandiri memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakatnya bahkan menjadi lumbung hasil pertanian bagi kawasan lain di Indonesia " ujar Eddy saat rapat.

(Kiri Ke Kanan) : Dr. Eddy Keleng Ate Berutu (Bupati Dairi), Rapidin Simbolon (Bupati Samosir), Dosmar Banjarnahor (Bupati Humbang Hasundutan) dan Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman).

Hasil Rapat Koordinasi, Kabupaten Dairi akan menjadi salah satu Kabupaten pilot project  untuk Low Budget Natural Farming (LBNF) yakni sistim pertanian organik dari alam untuk komodiatas kopi, jagung dan bawang  yang menjadi bagian dari pilar ke-1 Program 100 hari programnya  yakni Agri Unggul.

Setelah menyambangi kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Eddy Berutu Lanjut Koordinasi dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang diwakili oleh  Bpk. Direktur Jendral  F.X. Sutijastoto di Direktorat Jendral Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi di dampingi oleh Bpk.Direktur Perencanaan dan Pengembangan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin Muhammad.

Dalam pertemuannya , Kementerian ESDM mengatakan akan selalu siap mendukung program bapak Bupati dan wakil bupati  Dairi Eddy-Jimmy untuk kabupaten Dairi khususnya dalam pilar ke 5 program 100 Hari Kerja Dairi Kreasi terkait  mengingat masih banyak titik Lampu Jalan Kota dan Desa yg belum tersedia, bahkan masih ada desa yang belum dialiri oleh arus listrik sampai saat ini dan mungkin solusi lampu jalan kota akan di adakan lampu bertenaga surya.

Tidak hanya itu, Dr. Eddy Berutu juga  melakukan koordinasi dengan Menteri Pertanian Bpk. Amran Sulaiman yang juga akan siap mendukung Program 100 Hari AgRI Unggul yang menjadi bagian dari program Dr. Eddy Berutu.

 "Saya berharap dengan dukungan beberapa Kementerian dan Propinsi,dapat membantu percepatan pembangunan di kabupaten Dairi; Khusunya yang menjadi prioritas adalah meningkatkan produk pertanian unggulan Dairi termasuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang; menghasilkan SDM Dairi yang tangguh, menumbuhkembangkan sektor kreatif dan pelayanan hal-hal yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat Dairi," jelas Eddy.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru