SUMUT

NASIONAL

Sambangi Direktur Jendral PAUD Republik Indonesia, Begini Harapan Bunda PAUD Dairi Ny.Romy Eddy Berutu

Sabtu, 18 Mei 2019 | 11.44 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Bunda PAUD Kabupaten Dairi, Ny.Romy Mariani Eddy Berutu bersama Kadis Pendidikan Rosema Silalahi Serta Anggota DPRD komisi C Kab. Dairi  Togar Pasaribu (Partai Hanura),  Markus Sinaga (Partai Gerindra) dan  Hadiswarno Panjaitan (Partai Hanura) melakukan audiensi kepada Dirjen PAUD Harris Iskandar Di Jakarta untuk menyampaikan situasi dan kondisi PAUD di Kab. Dairi saat ini, Jumat (17/05/2019).

Dalam kesempatan itu, Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan pada Hari Pendidikan Nasional 2 Mei yang lalu  memperkenalkan diri  sekaligus menyampaikan kondisi PAUD di Kabupaten Dairi saat ini yang masih banyak yang harus dibenahi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan serta Laporan Dari Himpaudi Kab Dairi Serta kunjungan langsung Bunda Paud di lapangan, masih Ada 44 desa Dari 169 Desa dan Kelurahan Di Kab dairi yang belum memiliki PAUD, tersebar di 15 kecamatan di kabupaten Dairi, Di samping Itu Kendala pendirian PAUD serta kesejahteraan guru PAUD Dan minimnya alat permainan edukatif juga menjadi perhatian utama Dari bunda Romy. Menjadi perhatian yang serius untuk diselesaikan dari 200 PAUD yang ada, belum ada satupun PAUD tersebut yang terakreditasi.


Tenaga pendidik yang ada saat ini sebagian besar adalah Tamatan SMP Dan SMA, "Kami berharap agar dibantu beasiswa dari Direktorat terkait, sehingga kualitas pengantar juga dapat ditingkatkan," ujar Ny.Romy Eddy.

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen PAUD menyampaikan beberapa hal penting Serta arahan bangaimana PAUD Bisa lebih ditingkatkan. Kerjasama dengan Kepala Desa dimana 5% Dari Dana Desa diperuntukkan bagi pembangunan dan peningkatan mutu PAUD, Bukan saja PAUD desa Tapi juga PAUD swasta. Demikian juga dengan dana bagi setiap siswa PAUD yang telah ditetapkan sebesar 600 Ribu per siswa, semua tersedia, tinggal melakukan koordinasi Dan Laporan Dari setiap kabupaten harus dilakukan secara baik dan benar.

Harris iskandar, juga optimis dengan adanya Bunda PAUD yang baru Serta dengan kerjasama antar Anggota DPRD Dan Dinas terkait diharapkan PAUD Di Kabupaten Dairi akan meningkat pesat.

"PAUD di Kabupaten Dairi masih banyak yang harus dibenahi, yang harus kita selesaikan dimulai dari sarana dan prasarana pendidikannya, Kualitas Guru serta Akreditas PAUD menjadi fokus kita," ungkap Romy.

" PAUD ini menjadi dasar dari seluruh pendidikan formal, saya sebagai Bunda PAUD meyakini karakterer Anak-anak kita,dibangun dari dasar yaitu PAUD, Untuk itu bagi saya sangat penting untuk membenahi PAUD yang ada di Kabupaten Dairi. Semoga kelak setiap Desa di Kabupaten Dairi bisa kita dirikan PAUD sehingga kualitas pendidikan anak-anak kita sebelum masuk sekolah dasar sudah mantap," jelasnya.

"Dalam waktu dekat kami juga akan melakukan pelantikan bunda PAUD ditingkat kecamatan dan diteruskan dengan Bunda PAUD desa, agar pembangunan dan peningkatan PAUD yang diinginkan lebih cepat tercapai," tambahnya lagi.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru