SUMUT

NASIONAL

Perayaan Open House/Halal Bihalal di Kabupaten Dairi

Selasa, 11 Juni 2019 | 20.36 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan Open House Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di depan Pendopo Bupati Dairi Selasa (11/06/2019). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu, Wakil Bupati Dairi Jimmy A. L Sihombing, SH, Sekretaris Daerah Sebastianus Tinambunan, SH, M.Pd, Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Eddy Berutu, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Dairi Ny. Nenni Tinambunan, Pimpinan OPD, TNI/Polri, Forkopimda, Camat se-Kabupaten Dairi Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Undangan.

Tokoh Masyarakat H. Raja Ardin Ujung dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Open House/Halal Bihalal di Kabupaten Dairi ini sudah begitu akrab bagi tokoh masyarakat di Kabupaten Dairi yang dimana merupakan suatu kegiatan yang begitu positif karena sudah lebih kurang 40 kali dilaksanakan. Beliau juga menyampaikan bahwa kita harus tetap bersyukur karena masih diberikan berkat untuk bisa mengikuti acara Open House/Halal Bihalal ini karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum bisa mengikuti acara ini dikarenakan ada musibah ataupun tugas yang harus diemban.

 "Saya sangat bersyukur karena Pemerintah Kabupaten Dairi antara Muspida, Forkopimda, Tokoh Masyarakat dan juga masyarakat bisa duduk bersama untuk saling berbagi kasih, saran, masukan dan juga saling bersiraturahmi untuk bisa mempererat tali persaudaraan," ujar beliau.




Ketua DPRD Kabupaten Dairi Sabam Sibarani dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mendengarkan aspirasi, tangisan dan deruhan hati dari masyarakatnya.

 "Inilah yang pernah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia K.H Aburahman Wahid yang setiap Idul Fitri beliau melaksanakan Open House/Halal Bihalal yang maksudnya merupakan untuk saling bermaaf-maafan sekaligus mendengarkan jeritan hati dan aspirasi masyarakatnya," ungkap beliau.

Sama halnya seperti acara ini dibawah kepemimpinan Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu, Wakil Bupati Dairi Jimmy A. L Sihombing, SH membuka gerbang pendopo ini lebar-lebar sehingga seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi datang untuk mengikuti acara ini sekaligus untuk mendengarkan aspirasi dan tangisan hati masyarakat sehingga tahun kedepannya Kabupaten ini bisa lebih unggul dari Kabupaten yang lainnya.

Sementara itu, Bupati Dairi Dr. Eddy K. A Berutu dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Dairi adalah Pemerintahan yang berpihak kepada semua masyarakat tidak eksklusif tetapi inklusif terbuka untuk siapa saja baik itu untuk masyarakat Dairi yang muda, yang sudah lanjut usia dan berpengalaman, sehat serta punya tantangan Kabupaten Dairi ini adalah milik kita bersama. Keberagaman etnis dan agama kita adalah kekuatan Kabupaten Dairi yang kedepannya akan menjadi pondasi untuk mewujudkan Dairi Unggul yang tidak saja membuat kita lebih sejahtera dengan harmoni keberagaman. Saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menjalankan program pembangunan yang tertuang dalam 100 hari program kerja lebih mengutamakan fokus kepada pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang. Beliau mengatakan masalah pelayanan kesehatan saat ini sedang di tangani agar kinerja dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat Dairi di Rumah Sakit Umum dapat segera diperbaiki.

"Saya terus menerus melakukan komunikasi dengan para petugas kesehatan di rumah sakit agar bersatu padu, satu pemikiran ditugaskan oleh negara untuk melayani. Semangat pelayanan yang terus kita galang sehingga kasih itu timbul dan Tuhan akan menyertai upaya kita untuk melayani masyarakat khususnya dibidang kesehatan," ujar Beliau.

Fokus yang berikutnya dalam program kerja 100 hari Beliau katakan adalah penataan pusat Pasar Sidikalang dikarenakan pasar sidikalang adalah sebagai percontohan untuk seluruh pasar di Kabupaten Dairi, ditata dengan baik agar dapat melayani baik itu para penjual maupun pembeli dapat menikmati pasar dengan nyaman, bersih, teratur dan menyenangkan. Beliau menuturkan bahwa penataan pasar sidikalang direncanakan sebelum lebaran dimana seluruh pedagang yang melakukan aktivitas berdagang di luar pasar yang mengakibatkan jalan semakin sempit harus masuk dan berjualan di dalam pasar.

"Saya berbicara langsung dengan para penjual pada dasarnya masyarakat sepakat akan hal tersebut. Bupati Dairi Eddy K. A. Berutu menyampaikan ada beberapa hal yang harus dirubah, diantaranya adalah Perubahan Koordinasi, Perubahan Mental, Perubahan Pola Pikir yang dimana diharapkan lebih inisiatif, berkarya dan berinovasi sehingga masyarakat lebih mandiri dan perubahan tata kelola dari Pemerintah Kabupaten Dairi harus juga dirubah baik berupa administrasi dan juga bentuk-bentuk potongan harus ditinggalkan.

Acara Open House/Halal Bihalal ini juga dirangkai dengan pembacaan ayat suci Alquran, hiburan dan juga Tausiyah oleh Ustad Irwan Sidebang, S.Ag yang menuturkan bahwa inti halal bihalal ini saling bermaafan dan menjaga silaturahmi antar umat beragama.(Bill/atur/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru