SUMUT

NASIONAL

Kunjungi Desa Binaan Desa Belang Malum, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Panen Sayur Bersama PKK Desa Belang Malum

Rabu, 03 Juli 2019 | 14.35 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi melakukan kunjungan ke Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang sebagai salah satu Desa Binaan Hatinya PKK pada Selasa (2/7/2019) di Kantor Kepala Desa Belang Malum.

Kunjungan ke Desa Belang Malum tersebut turut dihadiri oleh Camat Sidikalang Agel Siregar, S.ST, Kepala Desa Belang Malum Sehat Hasiholan Hutauruk, Ketua Tim Penggerak Kecamatan Sidikalang, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Belang Malum, Anggota PKK Desa Belang Malum serta Tokoh Masyarakat Desa Belang Malum.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengatakan 10 desa di Kabupaten Dairi telah dicanangkan oleh PKK Kabupaten Dairi untuk mengikuti perlombaan desa binaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.




Dari 10 desa dimaksud, Desa Belang Malum merupakan salah satu desa binaan yang menjadi prioritas untuk ikut dalam perlombaan tersebut sebagai desa binaan percontohan pemanfaatan halaman dan pekarangan hatinya PKK. Dalam mewujudkan hal tersebut, Beliau mengatakan melalui 10 program PKK diharapkan mempu untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Dairi karena desa binaan hatinya PKK akan ada keterlibatan dari Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Pertanian Kabupaten Dairi.

Sebagai desa binaan hatinya PKK, Beliau mengatakan PKK Desa Belang Malum akan melakukan pemantapan gerakan halaman asri, teratur, indah dan nyaman hatinya PKK dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.

“Meskipun nanti dalam penilaian yang dinilai adalah hatinya PKK, namun seluruh pokja akan dinilai juga, seperti Pokja III yang mengatakan akan ada Paud Desa di Desa Beang Malum, kita nanti akan sampaikan bahwa sebelumnya belum ada Paud Desa. Akan tetapi melalui program PKK ini kita akan resmikan Padu Desa tahun ini dan itu merupakan suatu kemajuan yang luar biasa dan memiliki dampak langsung kepada anak-anak Desa Belang Malum,” ujar Beliau.

Dengan terpilihnya Desa Belang Malum sebagai desa binaan hatinya PKK, Beliau sangat mengharapkan dan ingin mewujudkan mimpi Desa Belang Malum sebagai desa percontohan yang asri untuk tujuan wisata para wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Dairi.

Beliau mengharapkan nantinya setiap halaman rumah warga di Desa Belang Malum sudah tertata dengan rapi, memiliki tanaman-tanaman hias ataupun tanaman obat-obatan yang menjadikan wisatawan akan nyaman mengunjungi Desa Belang Malum.

Walaupun nantinya masyarakat Desa Belang Malum ada yang tidak memiliki halaman, Beliau menyarankan agar melakukan dengan sistem smart farming yakni dengan tanaman hidroponik.

“Dari hasil evaluasi pada kunjungan pertama tim kabupaten, kami mendengar sudah ada yang melakukan metode tanam dengan sistem bambu dan itu juga akan menjadi sebuah ciri khas tersendiri nantinya,” ungkap Beliau.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau menyarankan kepada PKK Desa Belang Malum agar pada pertemuan berikutnya ada masyarakat yang ikut diundang guna memberikan informasi apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam melaksanakan program desa binaan hatinya PKK.

Sebelumnya, Kepala Desa Belang Malum dalam sambutannya mengatakan untuk Desa Belang Malum sudah ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan salah satu diantaranya adalah akan membuka Paud Desa di Desa Belang Malum pada tahun ajaran baru nanti. Dalam mengikuti perlombaan sebagai desa binaan hatinya PKK, Kepala Desa mengatakan PKK Desa Belang Malum sudah siap untuk mengikuti perlombaan tentunya dengan didampingi dan adanya pembinaan dari PKK Kabupaten Dairi sehingga perlombaan tersebut nantinya dapat dimenangkan oleh Desa Belang Malum.

“Melalui perlombaan ini nantinya, kami berharap Desa Belang Malum akan semakin memiliki peningkatan serta dapat menjadi desa percontohan untuk desa-desa yang lainnya di Kabupaten Dairi,” harap Kepala Desa.

Dalam kunjungannya ke Desa Belang Malum, Ketua Tim Penggerak PKK berksempatan untuk melakukan Panen Sayur Bersama dengan PKK Desa Belang Malum di salah satu lahan yang merupakan binaan dari PKK Desa Belang Malum.(Bill/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru