SUMUT

NASIONAL

Bupati Apresiasi Siswa SMKN 1 Airputih Berprestasi Tingkat Nasional

Jumat, 16 Agustus 2019 | 15.06 WIB
Kali Dibaca |

Siswa dan guru didampingi Kasek dan Ketua Komite SMKN 1 Air Putih diabadikan di halaman kantor Bupati Batubara.

Batubara, Metrokampung.com
Apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih SMKN 1 Air Putih yang merupakan sekolah  terpavorit di Batubara ini disampaikan Bupati Batubara Ir H Zahir, MAP.   Dikatakan Pemkab akan dukung dan bantu program SMK ini dalam mengembangkan dan memajukan sekolah.

Apresiasi tersebut disampaikan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP didampingi Plt Kadis Pendidikan Batubara Drs Herman, Asisten II Renol Asmara SH, saat  menerima audiensi siswa dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara yang mengukir prestasi tingkat Nasional tahun 2019 di ruang kerjanya Jumat (16/08).

Dalam audiensi itu para siswa dan tenaga kependidikan berprestasi didampingi Kepala SMKN 1 Airputih Drs Muswardi, guru pembimbing Sulistiyo SPd da Ketua Komite H Agusdiansyah Hasibuan.
Dikatakan Zahir, Pemkab juga akan berupaya untuk menampung dan membantu siswa siswa dan tenaga pendidik dan kependidikan yang berprestasi dengan pemberian apresiasi berupa seperti pengangkatan sebagai PNS atau tenaga Ahli lainnya sesuai kebutuhan daerah.

"Kita akan usulkan itu. Minimal siswa yang berprestasi kita angkat untuk menjadi tenaga ahli untuk membantu membina pelajar lainnya di Batubara. Sehingga keahliannya dapat dimanfaatkan untuk mengangkat siswa Batubara lainnya juga menjadi ahli. Kepada mereka ini kita berikan penghasilan yang lumayan,"katanya.

Zahir berjanji bersama instansi SKPD yang ada secepatnya mencarikan solusi  untuk kemajuan Kabupaten Batubara,"Kita akan cari dasar hukumnya. Saya minta kepada Kadis dan Asisten untuk mencarikan dasar hukum pelaksanaan kegiatan pemberdayaan siswa berprestasi ini. Kita mau agar pelajar di Batubara giat berusaha memacu diri meraih berbagai prestasi,"ujar Zahir.

Kepala SMKN 1 Airputih Drs Muswardi menyampaikan, enam tahun terakhir SMK yang dipimpinnya mendominasi LKS SMK bidang Teknologi Otomotif tingkat Sumut. Selama itu pelajar meraih juara 1 sekaligus menjadi duta Sumut untuk tingkat Nasional. Di tingkat Nasional tetap meraih pretasi lima besar. Dianataranya meraih Juara Harapan 3, 1, juara 2 dan juara 1. Namun dua tahun terakhir prestasi siswanya menurun dan yidak masuk lima besar. Termasuk tahun 2019 hanya meraih peringkat ke 7.

Menurut Muswardi, disebabkan kurangnya sarana di SMKN 1 Airputih, khususnya sarana untuk praktek siswa. "Mobil yang dijadikan praktek siswa masih tahun rendah, dibawah tahun 2015. Sedangkan pada LKS tingkat Nasional perbaikan mobil yang diperlombakan sudah menggunakan mobil tahun tinggi. Diatas tahun 2017, yang belum dikenal siswa kita. Pastilah teknologinya lain dan lebih canggih. Sehingga siswa kita tertinggal dengan siswa provinsi lain yang menjuarai LKS ini," ujar Muswardi.

Ia juga menjelaskan, program pada tahun 2019 SMKN 1 Air Putih menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional, setelah pada 2018 lalu meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi. Pihaknya sudah bekerja mempersiapkan sekolah sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

Muswardi dan Ketua Komite H Agusdiansyah berharap Pemkab Batubara melalui Bupati Zahir dapat memberikan bantuan mobil untuk praktek siswa di sekolah khususnya mobil yang sudah menggunakan teknologi otomotif terkini (tahun tinggi). Sehingga prestasi juara pertama yang sudah diraih tiga tahun lalu diraih kembali pada tahun depan. Selain itu Pemkab dapat mendukung dan membantu sepenuhnya program untuk menjadikan SMKN 1 Air Putih sekolah Adiwiyata Nasional," semisalnya bantuan pembangunan instalasi pengolahan limbah sekolah, pembangunan jalan lingkungan sekolah, jalan dalam kompleks sekolah diaspal atau minimal dipasang paving blok, ''hapannya.

Sekedar informasi, siswa SMKN 1 Air Putih yang berprestasi, Ramadhan Hamonangan Pasaribu juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK bidang Teknologi Otomotif tingkat Sumut. Ramadhan sekaligus duta Sumut mengikuti LKS tingkat Nasional yang berlangsung pertengahan Juli lalu di Jokjakarta. Ditingkat Nasional Ramadhan menempati peringkat 7. Tenaga kependidikan yang berprestasi Devyana Suri SE dan Isna Maulida Ziah. Devyana juara 1 dalam Pemilihan Tenaga Laboratorium Berprestasi jenjang SMA/SMK tingkat Sumut 2019. Devyana menjadi Duta Sumut pada pemilihan yang sama tingkat Nasional yang akan berlangsung di Jakarta September 2019. Sedang Isna Maulida juara 2 Pustakawan sekolah terbaik Sumut 2019.(ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru