SUMUT

NASIONAL

Bupati Labura, Ikhlas Lepas Warganya, Tunaikan Ibadah Haji

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 14.13 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Labura H Kharuddin syah se Lepas warga nya tinggal kan kabupaten untuk sementara demi tunaikan rukun Islam ke lima, dengan melambaikan tangan, semoga tetap sehat.

Labura, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE ,ikhlas melepas masyarakatnya ke tanah suci mekah,  pemberangkatan pelepasan Jama’ah calon Haji (Caljah) ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Labura, Jum’at pagi (2/8/2019).

Pelepasan  Calon Haji asal Labura ini di berangkatkan dengan 11 bus yang telah di siapkan menuju medan dan akan berangkat meninggalkan tanah air dengan pesawat menuju tanah suci mekah pada tanggal 3 Agustus pada kelompok terbang (Kloter ) ke 21.

Pada acara pelepasan Jama’ah calon Haji, Bupati labura H. Kharuddin Syah, SE yang di dampingi Wakil Bupati Labura Drs. H. Dwi Prantara, MM serta Ketua DPRD Labura , mengatakan bahwa para Jama’ah yang berangkat merupakan orang-orang terpanggil menjadi tamu Allah di tanah suci mekah untuk menunaikan rukun islam yakni menunaikan rukun haji.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa jumlah Jama’ah calon Haji tahun ini yang di berangkat kan sebanyak 288 orang diantar nya ,285 orang, di tambah 3 orang petugas, 2 orang TPHD yaitu Kholid Yasri Pohan dan Muhammad Yusuf Tanjung, serta 1orang TKHD, Dr. Yudha Jusliansyah Sitorus.


Pada Jama’ah calon Haji Bupati berharap dalam keberangkatan Jama’ah calon Haji selain fokus melaksanakan berbagai rukun Haji, mampu bertindak sebagai duta-duta Labuhanbatu Utara yang membaur dengan para Jama’ah calon Haji dari seluruh penjuru tanah air dan dunia.hormati tradisi yang dimiliki suku dan bangsa lain”,selain menjaga kekompakan Bupati mengingatkan pada para Jama’ah calon Haji selama berada di Tanah Suci, jagalah kesehatan.

Kepada TPHD dan TPHI serta Koordinir ketua rombongan serta ketua regu, supaya dapat mendampingi Jama’ah dengan maksimal.

Kepada TPHD Bupati mengharapkan untuk memberikan laporan dan foto kondisi Jama’ah secara berkala.

“Kepada petugas TPHD saya minta untuk memberikan laporan dan foto kondisi Jama’ah kepada saya secara berkala”, ucap orang nomor satu di bumi basimpul kuat babontuk elok itu.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada seluruh Jama’ah calon Haji, selama di Mekkah di tempat-tempat yang makbul dan mustajab, seperti di Multajam, untuk mendoakan para pemimpin, agar kuat dan amanah memimpin daerah ini, serta di jauhkan dari marabahaya.

Sebelum nya Kabag kesra dan Binmas T Harahap menyampaikan, jumlah Calhaj ini berasal dari 8 kecamatan yang ada di labura, yakni kecamatan NA IX-X sebanyak 72 orang ,Aek kuo 15 calhaj,Marbau 71 ,Kualuh  hulu 56 calhaj, kualuh selatan 47,Aek Natas 19 serta  kecamatan Kualuh  Hilir 8,dan kecamatan Kualuh Leidong 1orang, dari  jumlah tercatat  289, satu orang Calhaj pindah berangkat dari luar daerah Labura.jadi jemaah Calhaj asal labura sebanyak 288 orang, diantara nya sebanyak 42 orang PNS yang bertugas di wilayah kabupaten Labura, kata T. Harahap

Sementara itu ,kata Harahap, Calhaj Termuda dan tertua asal  Labura yakni Syarifah Aini binti Rustam Efendi seorang wanita berumur 33 tahun warga Bio-bio kecamatan Aek Natas tercatat sebagai Calon  haji (Calhaj) Termuda asal Labura tahun 2019 ini, Syarifah Aini berangkat dengan orang tua nya ke tanah suci mekah untuk menunaikan rukun islam ke 5.

Sedangkan Calhaj tertua bernama Majah Binti Khalipah hasan, Majah tercatat berumur 94 tahun dapat di kategori kan lanjut usia (lansia)  warga Aek kota batu kecamatan Na-IX-X, ujarnya.(stjg/kur)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru