SUMUT

NASIONAL

Bupati Peringati Harganas dan Pencanangan Bakti Sosial TNI

Kamis, 22 Agustus 2019 | 22.48 WIB
Kali Dibaca |


Pagar Merbau, metrokampung.com
Bupati H Ashari Tambunan dihadapan ratusan Kader Keluarga Berencana (KB) dan Kader Kesehatan se Deliserdang menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada seluruh penggiat dan kader KB yang telah bekerja secara sungguh-sungguh dan iklas.

Ucapan terimakasih itu disampaikan Bupati pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI dan Pencanangan Bakti Sosial TNI-KKB PK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Tahun 2019 tingkat Kabupaten Deli Serdang, Selasa (20/8/2019) di Lapangan Bola Kaki PTPN II Kecamatan Pagar Merbau, yang ditandai dengan pemukulan gong dan peninjauan stand pelayanan KB, pelayanan Kesehatan serta Stand UPPKS.

Pembangunan keluarga menjadi hal yang sangat penting. Karena keluarga merupakan pondasi dalam  sebuah kehidupan. bahkan semua hal, dapat bersumber dan bermuara dari keluarga.dalam keluarga pulalah, nilai-nilai agama, sosial, serta nilai-nilai moral secara praktis, mulai ditumbuhkan dan berproses. Dengan demikian, kehidupan suatu keluarga berpengaruh langsung dalam menentukan kualitas Bangsa dan Negara.bahwa pada kenyataannya banyak fakta yang memberikan pembelajaran hidup, bahwa masih didapatinya keluarga mengalami perubahan pola kehidupan, yang memberi pemahaman kepada kita, bahwa masih ditemukannya keluarga - keluarga yang rentan terhadap terjadinya dehumanisasi, disfungsi keluarga dan melemahnya hubungan kekeluargaan. hal ini dapat terjadi sebagai akibat masih adanya pandangan, bahwa keluarga belum dipandang dan berfungsi sebagai wadah utama   dan pertama didalam membina anak-anak dan belum terimplementasikannya delapan (8) fungsi keluarga yaitu: fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi, pendidikan dan ekonomi serta pembinaan lingkungan.



Lebih lanjut Bupati mengatakan “melalui peringatan Hari Keluarga Nasional yang kita laksanakan pada hari ini, harus dapat dijadikan sebagai momentum didalam meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat akan pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera, dengan mengimplementasikan delapan fungsi keluarga yaitu, pertama fungsi keagamaan, kedua sosial budaya, ketiga cintakasih, keempat melindungi, kelima reproduksi, keenam sosialisasi, ketujuh pendidikan dan ekonomi, serta kedelapan pembinaan lingkungan. Demi terwujudkan keluarga yang berketahanan, generasi yang berkualitas, mandiri dan berkepribadian“. Oleh karena itu, peringatan hari keluarga nasional Ke-XXVI dengan thema : hari keluarga, hari kita semua  dengan tagline cinta keluarga, cinta terencana, harus kita jadikan momentum untuk menggerakkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga, didalam percepatan penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal.

Hal senada juga disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Drs Temazaro Zega, M.Kes, bahwa dalam pelaksanaan dan pencapaian target dari program-program pemerintah untuk mensejahterahkan rakyat  tentu tidak dapat di laksanakan sendiri-sendiri , dan hari ini kita buktikan bahwa sinergitas lintas lembaga antara pemerintah pusat melalui BKKBN , pemerintah Kab/Kota ,TNI , bersama seluruh mitra kerja stake holder  duduk bersama untuk menyatukan komitmen dalam meningkatkan pelayanan khusus nya pelayanan dalam program kependudukan , keluarga berencana  dan pembangunan keluarga (KKBPK) di kabupaten Deli Serdang yang sama-sama kita cintai ini. Dan berharap segala target dan sasaran dapat kita capai semaksimal mungkin.

Sementara itu Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Danramil Kecamatan Beringin Mayor Inf Makmur Siahaan mengatakan bahwa program ini merupakan program kerjasama BKKBN Pusat dengan TNI Manunggal KB-Kesehatan, dalam rangka mensosialisasikan secara luas program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, agar seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi.

Sebelumnya Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari dalam laporannya menyatakan bahwa peringatan Hari Keluarga merupakan momentum untuk mengingatkan kembali akan pentingnya keluarga sebagai tempat persemaian putra -putri kita dalam membangun karakter dan menanamkan nilai -nilai sosial budaya didalam keluarga Serta momentum yang sangat tepat untuk mengugah kesadaran masyarakat akan pentingnya peran dan fungsi keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI dan Pencanangan Bakti Sosial TNI-KKBPK Tahun 2019 Bupati Ashari Tambunan memberikan berbagai bantuan seperti bantuan 7 Kunci bedah rumah , Kartu Indonesia sehat (KIS), Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kelahiran, Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Alat-alat Sekolah.

Selain itu diumumkan juga para pemenang di Harganas ke XXVI dan Pencanangan Bakti Sosial TNI-KKBPK Tahun 2019 ini, yakni Pemenang Bakti Sosial TNI-KB-Kes Tahun 2018 sebagai terbaik I Kecamatan Pantai Labu, Terbaik II Kec Lubuk Pakam, Terbaik III Kec Patumbak.

Selanjutnya pemberian hadiah kepada pemenang lomba Anugerah Kencana Tingkat Kab Deli Serdang untuk katagori lomba PKB/PLKB, Katagori Lomba PPKBD, katagori lomba Sum PPKBD, katagori lomba Bina Keluarga Balita, katagori lomba Bina Keluarga Remaja, katagori lomba Bina Keluarga Lansia, katagori lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, Katagori lomba Keluarga Harmonis, katagori lomba KB Lestari 10 Tahun, 15 Tahun dan 20 Tahun, katagori lomba PIK Remaja berbasis Pendidikan/sekolah dan berbasis masyarakat.

Hadir pada acara tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Sumut T Mazaro Zega, Unsur FKPD, Anggota DPRD Deli Serdang, Wakil Ketua TP PKK Ny Sri Pepeni Yusuf Siregar, para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD ,Camat se Deli Serdang, para kades se Kecamatan Pagar Merbau.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru